Mata
Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk
Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A. Latar Belakang
Pendidikan Jasmani Olahraga
dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan,
bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak,
keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas
emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan
bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang
direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan
nasional.
Pendidikan sebagai suatu
proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup, pendidikan jasmani, olahraga
dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam
berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan yang terpilih yang
dilakukan secara sistematis. Pembekalan
pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan
pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan
bugar sepanjang hayat.
Pendidikan memiliki sasaran
pedagogis, oleh karena itu pendidikan kurang lengkap tanpa adanya pendidikan
jasmani, olahraga dan kesehatan, karena gerak sebagai aktivitas jasmani adalah
dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan dirinya sendiri yang secara alami
berkembang searah dengan perkembangan zaman.
Selama ini telah terjadi
kecenderungan dalam memberikan makna mutu pendidikan yang hanya dikaitkan
dengan aspek kemampuan kognitif. Pandangan ini telah membawa akibat
terabaikannya aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, seni, psikomotor, serta
life skill. Dengan diterbitkannya Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan akan memberikan peluang untuk menyempurnakan
kurikulum yang komprehensif dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Pendidikan jasmani,
olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik,
perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran,
penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial),
serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan
dan perkembangan kualitas fisik dan psikis
yang seimbang.
B. Tujuan
Mata pelajaran
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut.
1. Mengembangkan
keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan
kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan
olahraga yang terpilih
2. Meningkatkan
pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3. Meningkatkan
kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4. Meletakkan
landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang
terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5. Mengembangkan
sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan
demokratis
6. Mengembangkan
keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
7. Memahami konsep
aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi
untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran,
terampil, serta memiliki sikap yang positif
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup
mata pelajaran Pendiidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk jenjang SMP / MTs adalah
sebagai berikut.
1.
Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional,
permainan. eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan
manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola
voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas
lainnya
2.
Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh,
komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya
3.
Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan
tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya
4.
Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ,
dan senam aerobic serta aktivitas lainnya
5.
Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air,
keterampilan bergerak di air, dan renang
serta aktivitas lainnya
6.
Pendidikan luar kelas, meliputi: piknik/karyawisata,
pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
7.
Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam
kehidupan sehari-hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap
sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat,
mencegah dan merawat cidera, mengatur
waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek
tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.
D. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, serta
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1
Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan
olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai
kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan**)
1.2
Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan
olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik , serta nilai
kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan **)
1.3 Mempraktikkan variasi
dan kombinasi teknik dasar
atletik serta nilai toleransi,
percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia
berbagi tempat dan peralatan. **)
|
|
1.4 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri
dengan koordinasi yang baik serta
nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)
|
2.
Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani , dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
|
2.1 Mempraktikkan jenis latihan kekuatan dan
daya tahan otot serta nilai disiplin
dan tanggung jawab
2.2 Mempraktikkan latihan
daya tahan jantung dan paru-paru , serta nilai disiplin dan tanggung jawab
|
3.
Mempraktikkan senam dasar dengan teknik
dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
3.1
Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada
kaki , serta nilai disiplin, keberanian, dan tanggung jawab
3.2
Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu selain
kaki serta nilai disiplin, keberanian
dan tanggung jawab
|
4 Mempraktikkan senam irama tanpa alat , dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
4.1 Mempraktikkan teknik
dasar senam irama tanpa alat, gerak langkah kaki mengikuti irama , serta
nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan
4.2 Mempraktikkan teknik
dasar senam irama tanpa alat, gerak mengayun satu lengan mengikuti irama ,
serta nilai kedisiplinan, estetika, toleransi dan keluwesan
|
5. Mempraktikkan sebagian teknik dasar renang
gaya dada , dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
|
5.1 Mempraktikkan teknik
dasar gerakan kaki renang gaya dada
serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan
renang gaya dada serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
5.3 Mempraktikkan teknik
dasar gerakan kaki, gerakan lengan, dan pernapasan gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
6. Mempraktikkan perkemahan dan dasar-dasar
penyelamatan di lingkungan sekolah , dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya***)
|
6.1 Mempraktikkan pemilihan tempat yang tepat
untuk mendirikan tenda perkemahan, mempraktikkan teknik dasar pemasangan
tenda untuk perkemahan di lingkungan sekolah secara beregu , serta nilai
kerjasama, tanggung jawab dan tenggang rasa
6.2 Mempraktikkan
penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka ringan serta nilai kerja sama, tanggung jawab dan
tenggang rasa
|
7.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
7.1 Memahami pola makan
sehat
7.2 Memahami perlunya
keseimbangan gizi
|
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
8. Mempraktikkan teknik dasar permainan dan
olahraga dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
|
8.1 Mempraktikkan teknik
dasar salah satu nomor olahraga bola besar beregu lanjutan serta nilai kerja sama, toleransi,
memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian**)
8.2 Mempraktikkan teknik
dasar salah satu nomor olahraga bola kecil beregu dan perorangan , serta
nilai kerjasama, kejujuran, dan menghormati lawan**)
8.3 Mempraktikkan teknik
dasar perorangan lanjutan atletik , serta nilai disiplin, semangat,
sportifitas, percaya diri dan kejujuran**)
8.4 Mempraktikkan teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga perorangan beladiri lanjutan serta nilai kerjasama, kejujuran, percaya
diri dan menghormati lawan**)
|
9. Mempraktikkan latihan kebugaran
jasmani dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
|
9.1 Mempraktikkan jenis latihan untuk
kelentukan dan keseimbangan serta
nilai disiplin dan tanggung jawab
9.2 Mempraktikkan jenis
latihan kecepatan dan kelincahan
serta nilai disiplin dan tanggung jawab
|
10.
Mempraktikkan teknik dasar senam lantai
dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
10.1 Mempraktikkan teknik
dasar gerak guling depan serta nilai
kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab
10.2 Mempraktikkan teknik
dasar guling belakang serta nilai
disiplin, keberanian dan tanggung jawab
|
11.
Mempraktikkan senam irama tanpa alat
dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
11.1 Mempraktikkan teknik
dasar senam irama tanpa alat gerak mengayun dua lengan mengikuti irama ,
serta nilai disiplin, estetika
toleransi dan keluwesan
|
|
11.2 Mempraktikkan teknik
dasar senam irama tanpa alat dengan
melangkah dan mengayun , serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan
|
12.
Mempraktikkan teknik dasar renang gaya bebas , dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya*)
|
12.1 Mempraktikkan
koordinasi gerakan kaki dan lengan renang gaya bebas serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
12.2 Mempraktikkan koordinasi gerakan lengan dan
pernapasan renang gaya bebas serta
nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
12.3 Mempraktikkan koordinasi renang gaya
bebas serta nilai disiplin, keberanian
dan kebersihan
|
13.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
13.1 Memahami berbagai penyakit
menular seksual (PMS)
13.2 Memahami cara
menghindari penyakit menular seksual
|
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan
koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya dini,
keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
1.2 Mempraktikkan teknik dasar salah satu
permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang
baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri,
keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
1.3 Mempraktikkan teknik
dasar salah satu permainan olahraga atletik lanjutan dengan koordinasi yang
baik serta nilai kerjasama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan
peralatan **)
|
|
1.4 Mempraktikkan teknik
dasar salah salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan
koordinasi yang baik serta nilai
keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)
|
2. Mempraktikkan latihan kebugaran dalam
bentuk latihan sirkuit dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
2.1 Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya
tahan anggota badan bagian atas dengan sistem sirkuit serta nilai disiplin dan tanggung jawab
2.2 Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya
tahan anggauta badan bagian bawah dengan sistem sirkuit serta nilai disiplin dan tanggung jawab
|
3. Mempraktikkan teknik dasar senam
lantai dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan teknik
dasar senam lantai meroda berdasarkan konsep yang serta nilai kedisiplinan,
keberanian dan tanggung jawab
3.2 Mempraktikkan teknik
dasar senam lantai guling lenting
serta nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab
|
4. Mempraktikkan senam irama dengan alat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan teknik dasar senam irama
menggunakan tongkat atau simpai dengan gerakan mengayun dan memutar ke
berbagai arah serta nilai disiplin,
toleransi dan estetika
4.2 Mempraktikkan kombinasi gerakan
mengayun/memutar ke berbagai arah dengan gerak melangkah serta nilai disiplin,toleransi, keluwesan
gerak, dan estetika
|
5.
Mempraktikkan teknik dasar renang gaya bebas
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
5.1 Mempraktikkan teknik
dasar gerakan kaki renang gaya bebas
serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.2 Mempraktikkan teknik
dasar gerakan lengan renang gaya bebas
serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.3 Mempraktikkan teknik
dasar pernapasan renang gaya bebas
serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
|
6.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
6.1
Mengenal bahaya seks bebas
6.2 Menolak
budaya seks bebas
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
7.
Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan mlai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan
koordinasi yang baik serta nilai
kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan**)
|
|
7.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil lanjutan dengan koordinasi
yang baik serta nilai kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan**)
7.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar lanjutan atletik dengan koordinasi yang baik serta nilai
percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain,
bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
7.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan koordinasi yang
baik serta nilai keberanian,
kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri**)
|
8.
Mempraktikkan latihan kebugaran dalam bentuk latihan sirkuit dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan latihan kecepatan dan
kelincahan anggota badan bagian atas
serta nilai disiplin dan
tanggung jawab
8.2 Mempraktikkan latihan
kecepatan dan kelincahan anggota badan bagian bawah serta nilai disiplin dan tanggung jawab
|
9.
Mempraktikkan teknik dasar senam lantai
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1 Mempraktikkan rangkaian teknik dasar gerak
meroda dan guling depan serta nilai
disiplin, keberanian dan tanggung jawab
9.2 Mempraktikkan rangkaian teknik dasar guling depan dan guling lenting serta nilai disiplin, keberanian dan tanggung jawab.
|
10.
Mempraktikkan senam irama dengan alat
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
10.1 Mempraktikkan variasi
gerakan mengayun ke berbagai arah
serta nilai disiplin, toleransi
dan keluwesan gerak
10.2 Mempraktikkan variasi
gerakan memutar ke berbagai arah serta
nilai disiplin, toleransi dan keluwesan
|
11.
Mempraktikkan teknik dasar renang gaya dada
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
11.1 Mempraktikkan
koordinasi teknik dasar meluncur lanjutan, gerakan kaki dan lengan renang
gaya dada dalam jarak tertentu serta
nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
11.2 Mempraktikkan
koordinasi teknik dasar pernapasan renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
12.
Mempraktikkan penjelajahan di sekitar sekolah
dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya***)
|
12.1 Mendiskripsikan
perencanaan kegiatan penjelajahan secara sederhana
12.2 Mempraktikkan keterampilan penjelajahan di
sekitar sekolah serta nilai kerjasama,
toleransi, tolong menolong, etika, memperhatikan keselamatan dan kebersihan
lingkungan
|
13.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
13.1 Memahami berbagai
penyakit menular yang bersumber dari lingkungan tidak sehat
13.2 Memahami cara
menghindari penyakit menular yang bersumber dari lingkungan tidak sehat
|
Kelas IX,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi dasar
|
1.
Mempraktikkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
|
1.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan
konsisten serta nilai kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan dan bersedia berbagi
tempat dan peralatan**)
|
|
1.2 Mempraktikkan variasi
dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola
kecil lanjutan dengan konsisten serta
nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
1.3 Mempraktikkan teknik
dasar atletik lanjutan serta nilai
toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain,
bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
1.4 Mempraktikkan variasi
dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan
dengan konsisten serta nilai
keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)
|
2. Mempraktikkan jenis latihan beban dengan
alat sederhana untuk meningkatkan kebugaran
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
2.1 Mengidentifikasi
jenis-jenis latihan yang sesuai dengan kebutuhan
2.2 Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan,
daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan
dengan menggunakan alat sederhana
serta nilai semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
|
3. Mempraktikkan rangkaian gerak senam lantai
dengan gerakan yang benar dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan
rangkaian senam lantai tanpa alat
serta nilai percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan
keselamatan
3.2 Mempraktikkan beberapa rangkaian senam
lantai , serta nilai keberanian, kedisiplinan, keluwesan dan estetika
|
4.
Mempraktikkan rangkaian gerak teknik senam irama tanpa dan dengan alat serta nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan
rangkaian aktivitas ritmik tanpa alat
dengan koordinasi gerak yang baik
serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika
4.2 Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik
berirama menggunakan alat dengan koordinasi gerak serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan,
dan estetika
|
5. Mempraktikkan teknik dasar renang gaya
punggung dan nilai- nilai yang
terkandung di dalamnya*)
|
5.1 Mempraktikkan teknik
dasar gerakan kaki renang gaya punggung
serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan
renang gaya punggung serta nilai
disiplin, keberanian dan kebersihan
5.3 Mempraktikkan teknik dasar pernapasan
renang gaya punggung serta nilai
disiplin, keberanian dan kebersihan
|
6. Mempraktikkan dasar-dasar penjelajahan di
alam bebas dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya***)
|
6.1 Mempraktikkan rencana kegiatan penjelajahan
6.2 Mempraktikkan berbagai keterampilan untuk
memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam
bebas serta nilai kerjasama, disiplin,
keselamatan, kebersihan, dan etika
|
7.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
7.1 Memahami berbagai
bahaya kebakaran
7.2 Memahami cara
menghindari bahaya kebakaran
|
Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|
8.
Mengembangkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan variasi
dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola
besar lanjutan dengan tepat dan lancar
serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai
lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
|
|
|
8.2 Mempraktikkan variasi
dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola
kecil lanjutan dengan tepat dan lancar
serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai
lawan, berbagi tempat dan peralatan**)
8.3 Mempraktikkan teknik
dasar atletik lanjutan serta nilai
toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan
peralatan**)
8.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah
satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan tepat dan lancar serta nilai keberanian, kejujuran,
menghormati lawan dan percaya diri**)
|
|
9.
Mempraktikkan tes kebugaran jasmani secara sederhana
|
9.1 Mempraktikkan tes kesegaran jasmani secara sederhana
9.2 Menginterpretasi secara sederhana hasil tes
dalam menentukan derajat kebugaran
|
|
10.
Mempraktikkan rangkaian gerak senam
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
10.1 Mempraktikkan
rangkaian senam lantai tanpa alat
serta nilai percaya diri, kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman
10.2 Mempraktikkan rangkaian senam lantai dengan
alat serta nilai percaya diri dan
disiplin
|
|
11.
Mempraktikkan senam irama dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
11.1 Mempraktikkan
kombinasi gerak berirama tanpa alat dengan koordinasi yang benar serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan
dan estetika
11.2 Mempraktikkan gerak rangkaian senam irama
menggunakan alat dengan koordinasi
serta nilai kedisiplinan, toleransi, keluwesan, dan estetika
|
|
12.
Mempraktikkan kecakapan teknik dasar gaya renang dan nilaii- nilai yang terkandung di
dalamnya*)
|
12.1 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar
meluncur, gerakan kaki dan lengan, renang gaya bebas dalam jarak
tertentu serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
12.2 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar
meluncur, gerakan kaki, lengan dan pernapasan, renang gaya bebas dalam jarak
tertentu serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
|
|
13.
Mempraktikkan keterampilan dasar penjelajahan, dan penyelamatan aktivitas di
alam bebas dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya***)
|
13.1 Mempraktikkan perencanaan dasar-dasar
kegiatan menjelajah alam bebas serta
nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, pengambilan keputusan dalam
kelompok.
13.2 Mempraktikkan keterampilan dasar
penyelamatan penjelajahan di alam bebas
serta nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, keputusan dalam
kelompok
|
|
14.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
14.1 Memahami berbagai bahaya bencana alam
14.2 Memahami cara menghadapi berbagai bencana
alam
|
Keterangan
1.
*) Diajarkan sebagai kegiatan pilihan, disesuaikan dengan
situasi dan kondisi sekolah
**) Materi pilihan, disesuaikan dengan
fasilitas dan peralatan yang tersedia
***) Diajarkan sebagai kegiatan yang
dapat dilakukan dalam semester 1 dan atau
semester 2
2.
Untuk pembinaan peserta didik ynag berminat terhadap salah
satu atau beberapa cabang tertentu dapat dilakukan melalui kegiatan ekstra
kurikuler
E.
Arah
Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk
mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian
kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian
perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar