Senin, 10 Agustus 2015

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR* (KD) PJOK SMP



Satuan Pendidikan          : SMPN 2 CIGUDEG
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester             : VII (1) / 1
Tahun Pelajaran             : 2015/2016
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar*
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

a.       Mempraktikkan  teknik dasar salah satu nomor olah raga bola besar beregu lanjutan serta nilai kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian **)




Ps  Aspek  Psikomotor
·  Mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
·  Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·  Mengetahui bentuk-bentuk mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
Aspek Afektif
·  Kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian

PsAspek  Psikomotor
· Melakukan passing atas dan bawah          bola voli
· Bermain dengan peraturan yang             dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk-bentuk passing atas dan bawah pada permainan bola voli
 Aspek Afektif
·  Kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian

Ps Aspek  Psikomotor
· Melakukan passing bola dari (dada, pantul dan atas kepala)
·  Bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi

 Aspek  Kognitif
· Mengetahui bentuk-bentuk passing bola dari (dada,pantul dan atas kepala)
 Aspek Afektif
·  Kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian


1.2 Mempraktikkan teknik dasar salah satu nomor olah raga bola kecil beregu dan perorangan, serta nilai kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan **)


Aspek  Psikomotor
·     Memegang raket untuk servis dan pukulan forehand
·     Bermain bulu tangkis dengan peraturan yang dimodifikasi
 Aspek  Kognitif
·     Mengetahui bentuk-bentuk memegang raket,  pukulan  servis danpukulan forehand, 
 Aspek Afektif
·     Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan

Aspek  Psikomotor
·     Memgang bat untuk servis dan pukulan forehand
·     Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·     Mengetahui bentuk-bentuk memegang bat,pukulan servis, dan pukulan forehand
Aspek Afektif
·     Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan


Aspek  Psikomotor
·     Memegang raket dan pukulan forehand
·     Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·     Mengetahui bentuk-bentuk memegang raket dan pukulan forehand
Aspek Afektif
·     Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan

Aspek  Psikomotor
·     Menangkap dan melempar bola (datar, lambung, mengulir)
·     Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·     Mengetahui bentuk-bentuk menangkap dan melempar bola
Aspek Afektif
·     Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan



1.3 Mempraktikkan teknik dasar perorangan atletik, serta nilai disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran **)




 Aspek  Psikomotor
·  Melakukan teknik lari (gerakan kaki, lengan, posisis badan, pendaratan telapak kaki)
·  Lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi
 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk-bentuk teknik gerakan kaki, lengan, posisi badan dan pendaratan  telapak kaki pada lari jarak pendek
 Aspek Afektif
·   Disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran

 Aspek  Psikomotor
·Melakukan teknik dasar menolak tanpa awalan, di udara, mendarat
·  Melakukan lomba lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikasi
 Aspek  Kognitif
·Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar menolak tanpa awalan, di udara, mendarat

 Aspek Afektif
·   Disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan posisi awalan
·   Melakukan teknik dasar memegang  peluru dan menolak
·Melakukan  lomba menolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar awalan, memegang  peluru dan menolak
Aspek Afektif
·   Disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran



1.4 Memptraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olah raga perorangan beladiri lanjutan serta nilai kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan **)


Aspek  Psikomotor
·  Melakukan teknik dasar kuda-kuda
·  Melakukan teknik dasar langkah
·  Merangkai teknik dasar kuda-kuda dan langkah
Aspek  Kognitif
·  Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar kuda-kuda dan langkah
Aspek Afektif
·  Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan
Aspek  Psikomotor
·  Melakukan teknik dasar kuda-kuda dan langkah
·  Merangkai teknik dasar kuda-kuda dan langkah
Aspek  Kognitif
·  Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar kuda-kuda dan langkah
Aspek Afektif
·  Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan

Aspek  Psikomotor
·  Melakukan teknik dasar langkah dan jatuhan
·   Merangkai teknik dasar langkah dan jatuhan
Aspek  Kognitif
·  Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar langkah dan jatuhan
Aspek Afektif
·  Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan


2. Mempraktikan latihan kebugaran jasmani,dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
2.1.Mempraktikkan jenis latihan kekuatan dan day atahan otot serta nilai disiplin dan tanggungjawab







     




2.2. Mempraktikkan latihan daya tahan jantung dan paru-paru, serta nilai disiplin dan tanggungjawab


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan otot kaki
·   Melakukan latihan kekuatan dan daya  tahan lengan, bahu dan dada
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk-bentuk latihan kekuatan dan daya tahan otot kaki, lengan, bahu dan dada
Aspek Afektif
·   Disiplin dan tanggungjawab
 Aspek  Psikomotor
·   Melakukan bentuk latihan kebugaran jasmani dengan lari jarak menengah atau lari 12 menit
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui fungsi dan tujuan tes lari 12 menit
Aspek Afektif
·   Disiplin dan tanggungjawab


3. Mempraktikan senam dasar dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
3.1. Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada kaki, serta nilai disiplin, keberanian, dan tanggungjawab



 3.2. Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu selain kaki serta nilai disiplin, keberanian dan tanggungjawab

Aspek  Psikomotor
·   Berdiri dengan satu kaki (sikap melayang)
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentu latihan sikap melayang,
Aspek Afektif
·   Disiplin, keberanian, dan tanggungjawab

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan sikap lilin
·   Berdiri dengan dahi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentu latihan,sikap lilin dan berdiri dengan dahi
Aspek Afektif
·   Disiplin, keberanian, dan tanggungjawab



3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat


·     Mampu menyebutkan keunikan yang ada pada lagu  daerah setempat
·     Membedakan keunikan lagu etnik daerah dan  lagu POP daerah setempat


4.Mempraktikan senam irama tanpa alat, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya  
4.1.Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak langkah kaki mengikuti irama, serta nilai disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan




4.2 Mempraktikkan teknik dasar senam  irama tanpa alat,  gerak mengayun satu lengan mengikuti irama, serta nilaii kedisiplinan, estetika,  toleransi dan keluwesa

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar langkah kaki biasa
·   Melakukan teknik dasar langkah kaki rapat
·   Melakukan teknik dasar langkah keseimbangan

·   Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan depan, belakang dan samping
·   Melakukan teknik dasar ayunan satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar langkah kaki biasa, rapat, keseimbangan dan teknik dasar ayunan satu lengan depan, belakang, samping serta ayunan satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat badan
Aspek Afektif
·   Kedisiplinan, estetika,  toleransi dan keluwesa


5. Mempraktikan teknik dasar renang gaya dada,dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya *)
5.1.Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

5.2.Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

5.3.Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki, gerakan lengan dan pernapasan gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar gerakan kaki renang gaya dada
·   Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya dada
·   Melakukan teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernafasan
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar gerakan, lengan dan pernafasan
Aspek Afektif
Disiplin, keberanian dan kebersihan

6. Mempraktikan perkemahan dan dasar-dasar penyelamatan di lingkungan sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya ***)


6.1. Mempraktikkan pemilihan tempat yang  tepat untuk mendirikan tenda perkemahan, mempraktekkan teknik dasar pemasangan tenda untuk perkemahan di lingkungan secara beregu, serta nilai kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa

6.2.Mempraktikkan penyelamatan dan P3K terhadap jenis luka ringan serta nilai kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan identifikasi tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan
·   Melakukan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk identifikasi tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan dan pertolongan (P3K) terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk
Aspek Afektif
·   Kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa


7.Menerapkan budaya hidup sehat
7.1.Memahami pola makan sehat





7.2.Memahami perlunya keseimbangan gizi

Aspek  Psikomotor
·   Unsur-unsur makanan   sehat
·   Manfaat makanan sehat

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui identifikasi makanan yang dikonsumsi serta mengan dung  unsur zat gizi dan identifikasi makanan yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh
Aspek Afektif
·   Kerjasama, tanggungjawab dan kebersihan


Jumlah


Mengetahui,
Kepala SMPN 2 CIGUDEG




Wawan Rojali, S.Pd, M.Pd
NIP : 196103041989021005


Bogor,    Juli   2015
   Guru Mapel PJOK.




Dedi Rahmat Hidayat, S.Pd
NIP : 197011302000031004







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)

Satuan Pendidikan          : SMPN 2 CIGUDEG
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester             : VII (1) / 2
Tahun Pelajaran             : 2015/2016

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar*
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
8. Mempraktikan  teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

8.1.Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai   kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)





















































8.2.Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu bola keci lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)






















































8.3.Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar atletik serta nilai toleransi,
percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)


















































8.4.Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olah raga beladiri lanjutan dengan dengan koordinasi  baik serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati
 lawan dan          percaya diri

Aspek  Psikomotor
·  Mengumpan, menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta serta menahan dengan telapak kaki
·  Melakukan variasi teknik dasar
·  Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·  Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar mengumpan,menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta  menahan dengan telapak
Aspek Afektif
·  Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·  Melakukan passaing atas dan bawah (penguatan)
·  Melakukan  servis bawah dan smash tanpa awalan
·  Melakukan  variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah, servis bawah dan smash tanpa awalan
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan menggiring, passing (dada, pantul, dari atas kepala (penguatan)
·   Melakukan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot
·   Melakukan variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang  dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul, dari atas kepala (penguatan) dan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Aspek  Psikomotor
·   Memegang raket untuk servis dan pukulan backhand
·   Melakukan variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang  dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar megangan raket , pukulan servis dan pukulan backhand
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Memegang bat  servis  dan  pukulan backhand
·   Melakukan variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang  dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar megangan raket , pukulan servis dan pukulan backhand
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Memegang raket dan pukulan backhand
·   Melakukan variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikas
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar megangan raket , dan pukulan backhand
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Memgang stick dan memukul (swing dan   bunch)
·   Melakukan variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang            dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar megangan stick , dan pukulan (swing dan bunch)
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukanteknik start jongkok, lari, finish
·   Melakukan variasi teknik dasar start jongkok, lari, finish
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar start jongkok, lari, finish
Aspek Afektif
·   Toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar posisi awalan, memegang peluru, meletakan peluru dan menolak
·   Melakukan variasi teknik dasar memegang peluru, meletakan peluru dan menolak
·   Melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar posisi awalan, memegang peluru, meletakan peluru dan menolak
Aspek Afektif
·   Toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar awalan, menolak, posisi di udara,  dan mendarat
·   Melakukan variasi teknik dasar awalan, meno lak, posisi di udara,  dan mendarat
·   Melakukan lomba lompat jauh gaya jongkok dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar awalan, menolak, posisi di udara,  dan mendarat
Aspek Afektif
·   Toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang (depan, belakang, samping, busur depan dan belakang)
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pukulan (depan, bawah, atas, samping)
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar menendang (depan, belakang, samping, busur depan dan belakang) dan pukulan (depan, bawah, atas, samping)
Aspek Afektif
·   Keberanian, kejujuran, menghormati
      lawan dan  percaya diri

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar tendangan dan pukulan
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar tendangan dan pukulan
Aspek Afektif
·   Keberanian, kejujuran, menghormati
   lawan dan  percaya diri

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan  variasi dan kombinasi teknik dasar bantingan
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar kuncian
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar bantingan dan kuncian
Aspek Afektif
·   Keberanian, kejujuran, menghormati
      lawan dan  percaya     diri


9. Mempraktikan latihan kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
 9.1.Mempraktikkan jenis latihan untuk kelentukan dan keseimbangan serta nilai disiplin dan tanggungjawab

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan latihan kelentukan (pinggang, punggung, lutut, leher dan lengan)
·   Melakukan latihan keseimbangan (berdiri dengan satu kaki, sikap melayang, berjalan pada garis lurus sambil berjalan jin-jit)
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan kelentukan (pinggang, punggung, lutut, leher dan lengan), dan keseimbangan (berdiri dengan satu kaki, sikap melayang, berjalan pada garis lurus sambil berjalan jin-jit)
Aspek Afektif
·   Disiplin dan tanggung jawab




9.2.Mempraktikkan jenis latihan kecepatan dan kelincahan serta nilai disiplin dan tanggungjawab


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan latihan kelincahan (melompat-lompat melewati bangku bola/bangku senam, berlari melewati lingkaran/ban dan berlari zig-zag)
·   Melakukan latihan kecepatan (lari shutle-run/lari bolak-balik dan lari estafet berkelompok
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan kelincahan (melompat-lompat melewati bangku bola/bangku senam, berlari melewati lingkaran/ban dan berlari zig-zag), dan latihan kecepatan (lari shutle-run/lari bolak-balik dan lari estafet berkelompok
Aspek Afektif
·     Disiplin dan tanggung jawab


10.  Mempraktikan teknik dasar senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
10.1. Mempraktikan teknik dasar gerak guling depan serta nilai kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab


Aspek  Psikomotor
·         Melakukan teknik dasar berguling ke depan dengan membulatkan badan dari posisi duduk
·         Melakukan teknik dasar berguling ke depan dari posisi jongkok
·         Melakukan teknik dasar berguling ke depan dari posisi berdi

Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk latihan teknik dasar berguling ke depan dari posisi duduk, jongkok dan berdiri
Aspek Afektif
·   Kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab



10.2.Mempraktikkan teknik dasar guling belakang serta nilai disiplin, keberanian dan tanggungjawab


Aspek  Psikomotor
·     Melakukan teknik dasar berguling ke belakang dengan membulatkan badan dari posisi duduk
·     Melakukan teknik dasar berguling ke belakang dari posisi jongkok
·      Melakukan teknik dasar berguling ke belakang dari posisi berdiri

Aspek  Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan teknik  dasar berguling ke depan dari posisi duduk, jongkok dan berdiri
Aspek Afektif
·   Kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab


11.  Mempraktikkan senam irama tanpa alat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

11.1.Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak mengayun dua lengan mengikuti irama, serta nilai-nilai disiplin, estetika toleransi dan keluwesan



Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar mengayun dua lengan depan belakang, ayunan dua lengan ke samping, ayunan dua lengan ke samping diikuti berat badan dipindahkan

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan teknik dasar mengayun dua lengan depan belakang, ayunan dua lengan ke samping dan ayunan dua lengan ke samping diikuti berat badan dipindahkan

Aspek Afektif
·   Disiplin, estetika toleransi dan keluwesan




11.2.Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat dengan melangkah dan mengayun lengan, serta disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan



Aspek  Psikomotor
· Melakukan gerak langkah biasa   ayunan satu lengan depan belakang,langkah mundur maju  ayu nan dan putaran dua lengan,langkah ke samping kiri dan kanan dengan ayunan dan putaran dua lengan
Aspek  Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan teknik dasar gerak langkah biasa   ayunan satu lengan depan belakang,langkah mundur maju  ayu nan dan putaran dua lengan,langkah ke samping kiri dan kanan dengan ayunan dan putaran dua lengan
Aspek Afektif
· Disiplin, estetika toleransi dan keluwesan

12. Memparaktikkan teknik dasar renang gaya dada, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya *
12.1.Mempraktikkan koordinasi teknik dasar gerakan kaki dan lengan renang gaya dada serta nilai-nilai disiplin, keberanian dan



 12.2.Mempraktikkan koordinasi teknik dasar lengan dan pernapasan renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
kebersihan

12.3.Mempraktikkan koordinasi teknik dasar renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

Aspek  Psikomotor
·     Melakukan koordinasi  teknik  dasar gerakan kaki dan lengan renang gaya dada diawali meluncur dari pinggir kolam
·     Melakukan koordinasi teknik dasar gerakan lengan dan pernapasan renang gaya dada diawali meluncur dari pinggir kolam
·     Melakukan koordinasi teknik dasar renang gaya dada, kaki, lengan dan pernapasan diawali meluncur dari pinggir kolam

Aspek  Kognitif
·     Mengetahui bentuk latihan koordinasi teknik dasar gerak kaki, lengan dan pernafasan renang gaya

Aspek Afektif
Disiplin, keberanian dan kebersihan

13. Menerapkan budaya hidup sehat
13.1 Memahami   berbagai penyakit menular seksual (PMS)


13.2 Memahami cara menghidari Penyakit Menular Seksual (PMS)

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan idetifikasi penyakit     menular seksual 
·   Cara pencegahan

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui idetifikasi penyakit     menular seksual  dan cara pencegahan

Aspek Afektif
·   Kerja sama dan kebersihan

Jumlah





Mengetahui,
Kepala SMPN 2 CIGUDEG




Wawan Rojali, S.Pd, M.Pd
NIP : 196103041989021005


Bogor,    Juli   2015
   Guru Mapel PJOK.




Dedi Rahmat Hidayat, S.Pd
NIP : 197011302000031004







PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)

Satuan Pendidikan          : SMP
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester             : VIII (2) / 1
Tahun Pelajaran             : 2015/2016

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar*
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
1.1.  .Mempraktikkan   teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan  koordinasi yang baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar menedang dan menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar dengan koordinasi yang baik serta menahan dengan telapak kaki.
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar menedang dan menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar dengan koordinasi yang baik serta menahan dengan telapak kaki.
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar passing atas dan bawah bola voli serta smash tanpa awalan, dengan koordinasi yang baik !
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar passing atas dan bawah bola voli serta smash tanpa awalan, dengan koordinasi yang baik !
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala),
·   Mengiring, shooting   (dengan dua tangan dari atas depan kepala) dan lay-up shoot dengan koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang di modifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala), Mengiring, shooting   (dengan dua tangan dari atas depan kepala) dan lay-up shoot dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan



 1.2 Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)





Aspek  Psikomotor
·   Melakukan  teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis , pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek  Psikomotor
·   Melakukan  teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar memegang
bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan  teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar memegang
raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan



1.3 Mempraktikan  teknik da sar salah satu pe- rmainan dan olah raga atletik lanjutan dengan koordinasi yang baik serta   nilai kerjasama  , toleransi ,percaya diri,keberanian,  menghargai la – an,bersedia ber – bagi tempat dan   peralatan **)   


Aspek  Psikomotor
·   Pitcher) dan mengakap (catcher)
   memegang   stick dan pukulan (swing/bunch) dengan koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar melempar,menangkap memegang stick dan pukulan   swing/bunch dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Psikomotor
·   Melakukan tehnik dasar start jongkok mengunakan aba-aba (bersedia, siap,ya/go)
·   Melakukan kombinasi tehnik dasar strat, lari dan finish
·   Melakukan lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi
 Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar start  jongkok mengunakan aba-aba, teknik lari dan finish
 Afektie
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman

Aspek  Psikomotor
·         Melakukan tehnik dasar strat, lari dan finish dengan koordinasi yang baik
·   Melakukan lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·  Mengetahui bentuk teknik dasar dasar start berdiri, lari dan finish dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar posisi awal menolak peluru
·   Melakukan kombinasi posisi awal menolak dan gerak ikutan
·   Melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi
 Kogniti
·    Mengetahui bentuk –bentuk kombinas teknik dasar posisi awal menolak peluru, dan gerak ikutan
 Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat  serta peralatan dengan teman


  1.4  Mempraktikkan     teknik dasar salah salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan   tangkisan dengan koordinasi yang baik
·   Melakukan gerak berpasangan ( pukulan dan tangkisan
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan   tangkisan dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan tehnik dasar pukulan dan tangkisan dengan koordinasi yang baik
·   Melakukan gerak berpasangan pukulan dan tangkis
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar tangkisan dan pukulan dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar gerak langkah dan jatuhan dengan koordinasi yang baik        
·   Melakukan gerak berpasanga langkah dan jatuhan,
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk teknik dasar gerak langkah dan jatuhan dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

2.  Mempraktikan latihan kebugaran dalam bentuk latihan sirkuit dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
2.1 Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya tahan anggota badan bagian atas dengan sistem sirkuit  serta nilai disiplin dan tanggung jawab

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan mekuatan dan daya tahan otot lengan, dada dan bahu
·   Melakukan lomba kekuatan dan daya tahan otot lengan, dada dan bahu dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan daya tahan otot lengan,dada dan  bahu
Aspek Afektif
Nilai disiplin dan tanggung jawab


2..2  Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya tahan anggauta badan bagian bawah dengan sistem sirkuit  serta nilai disiplin dan tanggung jawab

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan kekuatan dan daya tahan otot paha dan kaki
·   Melakukan lomba kekuatan dan daya tahan otot paha dan kaki dengn peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan kekuatan     dan daya tahan otot paha dan   kaki
Aspek Afektif
·   Nilai disiplin dan tanggung jawab


3.Mempraktikan teknik dasar senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
3.1    Mempraktikkan teknik dasar senam lantai meroda  serta nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan tehnik dasar meroda
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan teknik dasar meroda
Aspek Afektif
·   Kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab



  3.2 Mempraktikkan teknik dasar senam lantai guling lenting  serta nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan tehnik dasar guling lenting 
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan teknik dasar guling lenting 
Aspek Afektif
·   Kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab

4.Mempraktikan senam irama dengan alat dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

 4.1  Mempraktikkan teknik dasar senam irama menggunakan tongkat atau simpai dengan gerakan mengayun dan memutar ke berbagai arah  serta nilai disiplin, toleransi dan estetika


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan tehnik dasar memegang tokat (regular grips, revers grips, mixed grips)
·   Melakukan tehnik dasar mengayun tongkat depan, samping dan dibelakang badan
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan teknik dasar memegang tokat (regular grips, revers grips, mixed grips)
·   Melakukan tehnik dasar mengayun tongkat depan, samping dan dibelakang badan
Aspek Afektif
·   Disiplin, toleransi dan estetika



4.2. Mempraktikkan  kombinasigerakan mengayun/memutar ke berbagai arah dengan gerak melangkah  serta nilai disiplin,toleransi, keluwesan gerak, dan estetika


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan tehnik dasar mengayun dengan tongkat kedepan,samping dan belakang badan diikuti dengan gerak melangkah
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan teknik dasar mengayun dengan tongkat kedepan,samping dan belakang badan diikuti dengan gerak melangkah

Aspek Afektif
·   Disiplin, toleransi dan estetika


5.Mempraktikan teknik dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
 5.1Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya bebas  serta nilai disiplin,      keberanian dan kebersihan

 5.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya bebas  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

5.3 Mempraktikkan teknik dasar pernapasan renang gaya bebas  serta nilai disiplin dan kebersihan


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas
·   Melakukan teknik dasar gerakan  lengan renang gaya bebas
·   Melakukan teknik dasar gerakan   pernafasan renang gaaya  bebas

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernafasan renang gaaya  bebas

Aspek Afektif
·   Disiplin dan kebersihan


6. Menerapkan budaya hidup sehat
6.1 Mengenal bahaya seks bebas








6.2 Menolak budaya seks  bebas









Aspek  Psikomotor
·   Melakukan identifikasi Jenis penyakit kelamin (Gonorrhoea, syphilis AIDS)
·   Melakukan penolakan terhadap penyakit seks

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui cara melakukan penolakan terhadap budaya sek bebas !

Aspek Afektif
·   Kerja sama dan kebersihan










Jumlah







Mengetahui,
Kepala SMPN 2 CIGUDEG




Wawan Rojali, S.Pd, M.Pd
NIP : 196103041989021005


Bogor,    Juli   2015
   Guru Mapel PJOK.




Dedi Rahmat Hidayat, S.Pd
NIP : 197011302000031004











PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)

Satuan Pendidikan          : SMP
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester             : VIII (2) / 2
Tahun Pelajaran             : 2015/2016

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar*
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
7. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
7.1 Mempraktikkan variasi dan  kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan  koordinasi yang baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)




Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar (menendang dan menghentikan bola mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak kaki dengan  koordinasi yang baik
·   Bermain bola dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar(menendang dan menghentikan bola mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak kaki dengan  koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek  Psikomotor
·   Melakuan variasi dank ombinasi teknik dasar passing atas,  bawah bola voli dan smash tampa awalan dengan  koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas,  bawah bola voli dan smash tampa awalan dengan  koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala, menggiring, shooting dan lay-up shoot) dengan  koordinasi yang baik
·   Bermain dengan pe-raturan yang di modifik
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala, menggiring, shooting dan lay-up shoot) dengan  koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


7.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
        berbagi tempat dan peralatan**)


Aspek  Psikomotor
·   Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan  koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan  koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan Kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan  koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bet forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan  koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan Kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan  koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan  koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar ( pitcher) dan mengakap (catcher) teknik dasar memegang stick dan pukulan (swing/bunch) dengan  koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar ( pitcher) dan mengakap (catcher) teknik dasar memegang stick dan pukulan (swing/bunch) dengan  koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


7.3 Mempraktikan variasi dan kombinasi teknik dasar lanjutan atletik dengan koordinasi yang baik serta   nilai  ,percaya diri,keberanian,  menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan   peralatan **)   


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi   dan kombinasi  teknik dasar start berdiri,  lari  dan  finish  dengan  koordinasi yang baik
·   Lomba lari lari jarak menengah dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar start berdiri,  lari  dan  finish  dengan  koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Percaya diri,keberanian,  menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan   peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi   dan kombinasi tehnik dasar memegang lembing, posisi awal melempar, dan gerak ikutan dengan  koordinasi yang baik
·   Lomba melempar lembing dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang lembing, posisi awal melempar, dan gerak ikutan dengan  koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Percaya diri,keberanian,  menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan   peralatan

   Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan, tolakan, sikap diudara dan mendarat) dengan  koordinasi yang baik
·   Lomba lompat jauh gaya melenting dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan, tolakan, sikap diudara dan mendarat) dengan  koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Percaya diri,keberanian,  menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan   peralata


7.4  Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkis dengan  koordinasi yang baik
·   Gerak berpasangan  kuda-kuda, pukulan dan tangkisan
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh gaya melenting (awalan, tolakan, sikap diudara dan mendarat) dengan  koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Percaya diri,keberanian,  menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan   peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar  tangkisan dan pukulan dengan  koordinasi yang baik
·   Melakukan gerak berpasangan pukulan dan tangkis
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar tangkisan dan pukulan dengan  koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar gerak langkah dan jatuhan dengan  koordinasi yang baik
·   Gerak berpasangan berpasangan pukulan dan tangkisan
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar tangkisan dan pukulan dengan  koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

8.  Mempraktikan latihan kebugaran dalam bentuk latihan sirkuit dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
8.1 Mempraktikkan latihan kecepatan dan kelincahan anggota badan bagian atas   serta nilai disiplin dan tanggung jawab




















8..2 Mempraktikkan latihan kecepatan dan kelincahan tahan anggauta badan bagian bawah  serta nilai disiplin dan tanggung jawab

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan latiah kecepatan dan kelincahan lengan, bahu dan dada (mengoper bola.memantulkan bola kedinding dengan menghitung jumlah overan/menit atau push-up variasikan dengan tepuk tangan)
·   Melakukan latiah kecepatan dan kelincahan otot paha dan kaki (melompat bangku senam, arah lurus dan zigzak)
·   Melakukan lomba kecepatan dan kelincahan lengan, bahu dan dada, kaki dan paha   dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan  kecepatan dan kelincahan lengan, bahu dan dada (mengoper bola.memantulkan bola kedidnding dengan menghitung jumlah operan/menit atau push-up divariasikan dengan tepuk tangan)
·   Mengetahui bentuk latihan  kecepatan dan kelincahan otot paha dan kaki (melompat bangku senam arah lurus dan zigzak)
Aspek Afektif
·   Disiplin dan tanggung jawab

9.Mempraktikan teknik dasar senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

9.1 Mempraktikkan rangkaian teknik dasar  gerak meroda   dan guling depan serta nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab



9.2 Mempraktikkan rangkaian teknik dasar guling depan dan guling lenting  serta nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab

Aspek  Psikomotor
·         Melakukan rangkaian tehnik dasar gerak meroda dan guling depan
·         Melakukan rangkaian tehnik dasar gerak guling depan dan guling lenting

Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk latihan  rangkaian tehnik dasar gerak meroda dan guling depan dan rangkaian tehnik dasar gerak guling depan dan guling lenting
Aspek Afektif
·         Kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab

10.Mempraktikan senam irama dengan alat dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

 10.1  Mempraktikkan   variasi gerakan mengayun ke berbagai arahah  serta nilai disiplin, toleransi dan keluwesan





10.2  Mempraktikkan variasi gerakan memutar ke berbagai arahah  serta nilai disiplin, toleransi dan keluwesan


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi tehnik dasar mengayun tongkat (depan,samping dan belakang)
·   Melakukan variasi tehnik dasar gerak memutar  tongkat (depan,samping dan belakang)

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk latihan variasi tehnik dasar mengayun tongkat (depan,samping dan belakang) dan gerak memutar  tongkat (depan,samping dan belakang)
Aspek Afektif
·   Disiplin, toleransi dan keluwesan


11.Mempraktikan teknik dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
 11.1Mempraktikkan koordinasi teknik dasar gerakan kaki dan lengan renang gaya bebas  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan



11.2 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar pernafasan renang gaya bebas  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan




Aspek  Psikomotor
·   Melakukan koordinasi tehnik dasar gerakan kaki, lengan dan pernapasan renang gaya bebas
·   Melakukan koordinasi teknik dasar pernafasan renang gaya bebas

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk koordinasi tehnik dasar gerakan kaki, lengan dan pernapasan renang gaya bebas
Aspek Afektif
·   Disiplin, keberanian dan kebersihan


12.Mempraktikan penjelajahan di sekitar sekolah dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya ***)

12.1 Mendiskripsikan perencanaan kegiatan penjelajahan secara sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, etika, memperhatikan keselamatan dan kebersihan lingkungan

12..2 Mempraktikkan keterampilan
penjelajahan
di sekitar sekolah  serta nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, estetika, memperhatikan kesela
matan dan kebersihan lingkungan


Aspek  Psikomotor
·   Pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan penjelajaan di sekitar sekolah
·    Penjelajahan disekitar sekolah





Aspek  Kognitif
·   Mengetahui cara pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan penjelajaan di sekitar sekolah dan pelaksanaan penjelajahan disekitar sekolah
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, tolong menolong, etika, memperhatikan keselamatan dan kebersihan lingkungan


13. Menerapkan budaya hidup sehat
13.1Memahami  berbagai penyakit menular yang bersumber dari lingkungan tidak sehat


13.2Memahami cara menghindari penyakit menular yang bersumber dari lingkungan yang tidak sehat




Aspek  Psikomotor
·    Macam penyakit
·   Penyebab penyakit
·   Gejala penyakit
·   Melakukan cara pencegahan terhadap penyakit

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui cara mengidentifikasi macam,   penyebab dan gejala penyakit serta cara pencegahan terhadap penyakit
Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, tolong menolong dan kebersihan lingkungan

Jumlah





Mengetahui,
Kepala SMPN 2 CIGUDEG




Wawan Rojali, S.Pd, M.Pd
NIP : 196103041989021005


Bogor,    Juli   2015
   Guru Mapel PJOK.




Dedi Rahmat Hidayat, S.Pd
NIP : 197011302000031004




 



PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)

Satuan Pendidikan          : SMP
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester             : IX (3) / 1
Tahun Pelajaran             : 2015/2016
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar*
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

1.1.Mempraktikkan variasi dan  kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan  koordinasi yang baik  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

 Aspek  Psikomotor
·   Variasi dan kombinasi tehnik dasar (menendang dan menghentikan bola mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak kaki dengan koordinasi yang baik
·   Variasi dan kombinasi tehnik dasar mengiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dan koordinasi yang   baik
·   Bermain bola dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar menendang,  menghentikan bola, dan menggiring bola

 Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman

Aspek  Psikomotor
·   Variasi dan          kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah bola voli dengan koordinasi  yang baik
·   Variasi  kobinasi teknik dasar passing atas, bawah dan smash tampa awalan dengan  koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan          kombinasi teknik dasar passing atas , bawah bola voli dan smash
 Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman
 Aspek  Psikomotor
·   Variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala)  dengan koordinasi  yang baik
·   Variasi dan kombinasi teknik dasar mengiring, shooting (dengan dua tangan dari atas depan kepala) dan lay-up shoot dengan koordinasi  yang baik
·   Bermain dengan pe-raturan yang di modifik
 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing, mengiring, shooting dan lay-up shoot
Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman




1.2  Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan tepat dan lancar  serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, berbagi tempat dan peralatan**)








































































1.3  Mempraktikkan teknik dasar atletik lanjutan  serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan**)



























































































1.4  Mempraktikkan  variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan benar dan lancar  serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri**)




 Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
 Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis , pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
 Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman

 Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang ba-ik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk  variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand
Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman

 Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar ( pitcher) dan mengakap (catcher) dengan koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi


 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk-bentuk teknik variasi dan kombinasi dasar melempar, mengakap, memegang stick dan pukulan
 Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat dengan teman

 Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan  koordinasi yang baik
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk  variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
 Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat dengan teman

Aspek  Psikomotor
·   MelakukanTeknik dasar start, lari dan finish secara berpasangan atau kelom- pok
·   Melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang dimodifikasi
 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar lari jarak jauh
 Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan awalan, tolakan, dan mendarat
·   Melakukan lomba lompat  jauh dengan peraturan yang dimodifikas
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk   teknik dasar lompat jauh gaya melenting
Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman

 Aspek  Psikomotor
·   Melakukan tehnik dasar memegang,  posisi awal, memutar, melempar dan  gerak ikutan secara
·   Melakukan lomba lempar cakram dengan peraturan yang dimodifikasi
 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk  teknik dasar
lempar cakaram
  Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan awalan, tolakan, sikap di atas mistar dan mendarat
·   Melakukan lomba lompat tinggi gaya straddle dengan peraturan yang dimodifikas
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk   teknik dasar lompat jauh gaya melenting
Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan tehnik dasar memegang,  posisi awal, memutar, menolak dan  gerak ikutan secara berpasangan
·   Melakukan lomba tolak peluru gaya membelakang dengan peraturan yang dimodifikasi
 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk  teknik dasar lempar cakaram
  Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan tehnik dasar memegang,  posisi awal, gerak awalan, langkah silang, melempar dan  gerak ikutan secara berpasangan
·   Melakukan lomba lempar lembing langkah silang dengan peraturan yang dimodifikasi
 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk  teknik dasar lempar cakaram
 Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman

 Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkis)
·   Melakukan gerak berpasangan (sambungan)
 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar, gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkis
Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok,   keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

 Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (gerak memukul, tangkis dan menendang)
 Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk  varoasi dan kombinasi teknik dasar pukulan , tangkis dan tendangan
 Aspek Afektif
·    Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok  keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

 Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (langkah,jatuh dan kuncian)
·   Melakukan gerak berpasangan
  Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinas teknik dasar gerak langkah,  jatuhan, dan kunci
 Aspek Afektif
·    Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok  menghormati lawan dan percaya diri

2.  Mempraktikan jenis latihan beban dengan alat sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalmnya.
2.1 Mengidentifikasi jenis-jenis latihan yang sesuai dengan kebutuhan







 Aspek  Psikomotor
·   Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah)
·   Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kak
 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan badan bagian atas dan bawah
Aspek Afektif
·   Semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri


  2..2  Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana  serta nilai semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan  bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah)
·   Melakukan bentuk latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kaki
·   Melakukan  bentuk latihan untuk kecepatan (untuk otot badan bagian atas dan bawah)
 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan badan bagian atas dan bawah
Aspek Afektif
·   Semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri


3.Mempraktikan rangkaian gerak senam lantai dengan gerakan yang benar dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya



3.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat  serta nilai percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan



 Aspek  Psikomotor
·         Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumbu pada kaki) dilanjutkan denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan
 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai keseimbangan (bertumpu pada kaki) dilanjutkan denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan
Aspek Afektif
·   Percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan



  3.2  Mempraktikkan beberapa rangkaian senam lantai , serta nilai keberanian, kedisiplinan, keluwesan dan estetika


 Aspek  Psikomotor
·   Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting
 Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting
 Aspek Afektif
·    Percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan

 4. Mempraktikan rangkaian gerak teknik senam irama tanpa dan dengan alat serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
 4.1 Mempraktikkan rangkaian  aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang baik  serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika


  Aspek  Psikomotor
·   Melakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik
   Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki
  Aspek Afektif
·   Disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika



4.2  Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik berirama menggunakan alat dengan koordinasi gerak  serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan, dan estetika

  Aspek  Psikomotor
·   Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik
   Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar mengayun dengan tongkat kedepan,samping dan belakang badan, diikuti dengan gerak melangkah
  Aspek Afektif
·    Disiplin, toleransi, keluwesan, dan estetika


5. Mempraktikan teknik dasar renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)

5.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya punggung  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

 Aspek  Psikomotor
·   Melakukan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas
 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar  gerakan kaki renang gaya bebas
·          Aspek Afektif
·   Disiplin, keberanian dan kebersihan



5.2  Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya punggung  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

 Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar gerakan  lengan renang gaya be-bas
 Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar gerakan lengan renang gaya bebas
 Aspek Afektif
·   Disiplin, keberanian dan kebersihan


5.3  Mempraktikkan teknik dasar pernapasan renang gaya punggung  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan


 Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar pernapasan renang gaya be-bas
 Aspek  Kognitif
·    Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar pernapasan renang gaya bebas
 Aspek Afektif
·    disiplin, keberanian dan kebersihan


6.Mempraktikan dasar-dasar penjelajahan di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

6.1  Mempraktikkan rencana kegiatan penjelajahan


 Aspek  Psikomotor
·   Pembuatan perencanaan, dasar-dasar kegiatan penjelajahan dialam bebas (perencanan yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi tempat kegiatan) secara kelompok
  Aspek  Kognitif
·   Mengetahui Pembuatan perencanaan, dasar-dasar kegiatan penjelajahan dialam bebas
 Aspek Afektif
·   kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika


 6.2Mempraktikkan berbagai keterampilan untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas  serta nilai kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika

 Aspek  Psikomotor
·    Keterampilan untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas
 Aspek  Kognitif
·    Mengetahui cara memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas
 Aspek Afektif
·    Kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika

7. Menerapkan budaya hidup sehat
7.1 Melakukan iden-tifikasi

 Aspek  Psikomotor
·   Melakukanidentifikasi peyebab kebakaran (merokok, zat yang mudah terbakar, nyala api terbuka)
 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui peyebab kebakaran
Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan, dan kebersihan


7.2 Melakukan cara menghindari    bahaya keba - karan

 Aspek  Psikomotor
·    Identifikasi cara pencegahan bahaya kebakaran
 Aspek  Kognitif
·    Mengetahui cara menghindari bahaya kebakaran
 Aspek Afektif
·    Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, kedisiplinan dan kebersihan

Jumlah






Mengetahui,
Kepala SMPN 2 CIGUDEG




Wawan Rojali, S.Pd, M.Pd
NIP : 196103041989021005


Bogor,    Juli   2015
   Guru Mapel PJOK.




Dedi Rahmat Hidayat, S.Pd
NIP : 197011302000031004





PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)

Satuan Pendidikan          : SMP
Mata Pelajaran              : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester             : IX (3) / 2
Tahun Pelajaran             : 2015/2016
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar*
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
8. Mengembangkan berbagai teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya

8.1.Mempraktikkan variasi dan  kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan  tepat dan lancar serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

  Aspek  Psikomotor
·   Variasi dan kombinasi tehnik dasar (menendang dan menghentikan bola mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak kaki dengan dan punggung kaki dengan tepat dan lancar
·   Bermain bola dengan peraturan yang dimodifikasi
  Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk Variasi dan kombinasi tehnik dasar (menendang dan menghentikan bola mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak kaki dengan dan punggung kaki dengan tepat dan lancar
  Aspek Afektif
·   Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dank ombinasi teknik dasar passing atas, bawah dan smash tampa awalan bola voli
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi tehnik dasar passing atas, bawah dan smash tampa awalan bola voli
 Aspek Afektif
·   Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·         Variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala mengiring, shooting dengan dua tangan dari atas depan kepala dan lay-up shoot) 
·         Bermain dengan pe-raturan yang di modifik
Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk –bentuk Variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala mengiring, shooting dengan dua tangan dari atas depan kepala dan lay-up shoot) 
 Aspek Afektif
·         Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


8.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan  tepat  dan lancar serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan**)


Aspek  Psikomotor
·         Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan tepat
·         Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand
  Aspek Afektif
·   Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek  Psikomotor
·         Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan tepat
·         Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan tepat
Aspek Afektif
·         Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (memegang raket,servis dan pukulan)
·   Bermain tenis  dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar  (memegang raket,servis dan pukulan)
 Aspek Afektif
·   Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar  (memegang bat,melempar tangkapan dan pukulan)
·   Bermain  dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar (memegang bat,melempar tangkapan dan pukulan)
 Aspek Afektif
·   Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan


8.3 Memperaktikan teknik dasar atletik lanjutan serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan **)

Aspek  Psikomotor
·         Melakukan teknik dasar ( start, lari dan finish)
·         Melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar ( start, lari dan finish)
   Aspek Afektif
·         Nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·         Melakukan lakukan teknik dasar awalan, tolakan, posisi di udara  dan mendarat lompat jauh gaya melenting
·         Melakukan lomba lompat jauh gaya melenting
       dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar awalan, tolakan, posisi di udara  dan mendarat lompat jauh gaya melenting
   Aspek Afektif
·         Nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan awalan, tolakan, sikap di atas mistar dan mendarat
·   Melakukan lomba lompat tinggi gaya straddle dengan peraturan yang dimodifikas
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk   teknik dasar lompat jauh gaya melenting
Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman

Aspek  Psikomotor
·         Melakukan lakukan teknik dasar lempar cakram awaln memutar (memegang cakram, posisi awal lemparan, gerak awalan memutar, melempar dan gerak ikutan )
·         Melakukan lomba lempar cakram awaln memutar dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar  lempar cakram awaln memutar
Aspek Afektif
·         Nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan tehnik dasar memegang,  posisi awal, gerak awalan, langkah silang, melempar dan  gerak ikutan secara berpasangan
·   Melakukan lomba lempar lembing langkah silang dengan peraturan yang dimodifikasi
 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk  teknik dasar lempar cakaram
 Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan tehnik dasar memegang,  posisi awal, memutar, menolak dan  gerak ikutan secara berpasangan
·   Melakukan lomba tolak peluru gaya membelakang dengan peraturan yang dimodifikasi
 Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk  teknik dasar lempar cakaram
 Aspek Afektif
·   Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan  berbagi tempat serta peralatan dengan teman

8.4 Memperaktikan     variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga beladiri lanjutan dengan tepat dan lancar serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)


Aspek  Psikomotor
  • Melakukan variasi dan kombinasi teknik teknik dasar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan)
  • Melakukan latih tanding dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar  variasi dan kombinasi (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan)
Aspek Afektif
·         Nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
Aspek  Psikomotor
  • Melakukan variasi dan kombinasi teknik teknik dasar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan)
  • Melakukan latih tanding dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar  variasi dan kombinasi (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan)
Aspek Afektif
·         Nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

Aspek  Psikomotor
  • Melakukan variasi dan kombinasi teknik teknik dasar (langkah, jatuhan, bantingan dan kuncian )
Aspek  Kognitif
·         Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar  (langkah, jatuhan, bantingan dan kuncian )
  Aspek Afektif
·         Nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri

9.  Mempraktikan tes kebugaran jasmani secara sederhana
9.1  Mempraktikkan tes  kesegaran jasmani secara sederhana









Aspek  Psikomotor
·   Melakukan tes kelenturan, kekuatan otot  tangan, daya ledak otot
·   Melakukan tes lari jarak 2,4 Km
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk tes kelenturan, kekuatan otot  tangan, daya ledak otot dan tes lari jarak 2,4 Km
Aspek Afektif
·   Nilai kejujuran, tanggung jawab dan percaya diri


 9.2  Melakukan iterpretasi secara sederhana hasil tes dalam menentukan derajat kebugaran



Aspek  Psikomotor
·   Mencocokan hasil tes pada tabel yang telah menjadi dasar acuan seperti (table cooper)
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui cara-cara Mencocokan hasil tes pada tabel yang telah menjadi dasar acuan seperti (table cooper)
Aspek Afektif
·   Nilai kejujuran, tanggung jawab dan percaya diri

10.Mempraktikan rangkaian gerak senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
10.1 Mempraktik        an rangkaian senam lantai tanpa alat  serta nilai percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu pada kaki/selain kaki) dilanjutkan guling kedepan, guling lenting dan guling belakang
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai keseimbangan (bertumpu pada kaki/selain kaki) dilanjutkan guling kedepan, guling lenting dan guling belakang
Aspek Afektif
·   Nilai keberanian,  kejujuran, tanggung jawab dan percaya diri


10.2. Mempraktik
an beberapa rangkaian senam lantai , serta nilai per- caya diri dan   disiplin

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan gerak rangkai lompat hariamu melalui box, guling depan dan dilanjutkan dengan guling lenting
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai lompat hariamu melalui box, guling depan dan dilanjutkan dengan guling lenting
Aspek Afektif
·   Nilai keberanian,  kejujuran, tanggung jawab dan percaya diri

11. Mempraktikan senam irama dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
 11.1 Mempraktikan  gerak berirama tanpa alat dengan koordinasi yang benar  serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika


Aspek  Psikomotor
·   Melakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan dua lengan dengan gerak langkah kaki (biasa, rapat dan keseimbangan)
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai ayunan satu lengan dan dua lengan dengan gerak langkah kaki (biasa, rapat dan keseimbangan)
Aspek Afektif
·   Nilai keluesan dan keserasian gerak dengan irama


11..2.Mempraktikan gerak rangkai se – nam irama menggu nakan alat dengan koordinasi serta ni- lai kedisiplinan,to- leransi,keluesan,  dan estetika

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik
  Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai mengayun tongkat depan,samping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik
Aspek Afektif
·   Nilai keluwesan dan keserasian gerak dengan irama

12.Mempraktikan teknik kecakapan teknik dasar renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya *)


12.1 Mempraktikan koordinasi teknik dasar gerakan kaki, lengan, renang gaya punggung dalam jarak tertentu  serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan koordinasi teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernafasan renang gaya punggung
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk koordinasi teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernafasan renang gaya punggung
Aspek Afektif
·   Nilai keberanian dan kebersihan


12.2 Mempraktikan koordinasi teknik dasar  renang gaya punggung  dalam jarak tertentu serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan koordinasi teknik dasar renang gaya punggung (renang menempuh jarak 10m, 20m dan dilanjutkan dengan jarak 25m)
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk koordinasi teknik dasar renang gaya punggung (renang menempuh jarak 10m, 20m dan dilanjutkan dengan jarak 25m)
Aspek Afektif
·   Nilai keberanian dan kebersihan

13. Menerapkan budaya hidup sehat
13.1Mempraktikan identifikasi bahaya bencana alam

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan identifikasi jenis bencana dan penyebab bencana
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk identifikasi jenis bencana dan penyebab bencana
Aspek Afektif
·   Nilai kepedulian , kerjasama dan kebersihan


13.2Mempraktikan cara meng   hadapi berbagai benca alam

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan identifikasi pencegahan dan penanggulangan bencana alam
Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk –bentuk identifikasi pencegahan dan penanggulangan bencana alam
Aspek Afektif
·   Nilai kepedulian, kerjasama dan kebersihan

Jumlah





Mengetahui,
Kepala SMPN 2 CIGUDEG




Wawan Rojali, S.Pd, M.Pd
NIP : 196103041989021005


Bogor,    Juli   2015
   Guru Mapel PJOK.




Dedi Rahmat Hidayat, S.Pd
NIP : 197011302000031004


Tidak ada komentar:

Posting Komentar