Satuan Pendidikan : SMPN 2 CIGUDEG
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : VII (1) / 1
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar*
|
KKM
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
|||
1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan
olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
a. Mempraktikkan teknik
dasar salah satu nomor olah raga bola besar beregu lanjutan serta nilai kerja
sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian **)
|
|
Ps Aspek
Psikomotor
·
Mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan
luar serta menahan dengan telapak kaki
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk-bentuk mengumpan, menggiring dan manahan bola
menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
Aspek Afektif
· Kerja sama, toleransi,
memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian
PsAspek Psikomotor
·
Melakukan passing atas dan bawah bola voli
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk-bentuk
passing atas dan bawah pada permainan bola voli
Aspek Afektif
· Kerja sama, toleransi,
memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian
Ps Aspek Psikomotor
·
Melakukan passing bola dari (dada, pantul dan atas kepala)
· Bermain bola basket dengan
peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk-bentuk passing bola dari (dada,pantul dan atas kepala)
Aspek Afektif
· Kerja sama, toleransi,
memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian
|
|
|||
|
1.2 Mempraktikkan teknik dasar salah satu nomor olah
raga bola kecil beregu dan perorangan, serta nilai kerjasama, kejujuran dan
menghormati lawan **)
|
|
Aspek Psikomotor
·
Memegang raket untuk servis dan pukulan forehand
·
Bermain bulu tangkis dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk-bentuk memegang raket,
pukulan servis danpukulan
forehand,
Aspek Afektif
·
Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan
Aspek Psikomotor
·
Memgang bat untuk servis dan pukulan forehand
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk-bentuk memegang bat,pukulan servis, dan pukulan
forehand
Aspek Afektif
·
Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan
Aspek Psikomotor
·
Memegang raket dan pukulan forehand
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk-bentuk memegang raket dan pukulan forehand
Aspek Afektif
·
Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan
Aspek Psikomotor
·
Menangkap dan melempar bola (datar, lambung, mengulir)
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk-bentuk menangkap dan melempar bola
Aspek Afektif
·
Kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan
|
|
|||
|
1.3 Mempraktikkan teknik dasar perorangan atletik,
serta nilai disiplin, semangat, sportifitas, percaya diri dan kejujuran **)
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan teknik lari (gerakan kaki, lengan, posisis badan,
pendaratan telapak kaki)
·
Lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk-bentuk teknik
gerakan kaki, lengan, posisi badan dan pendaratan telapak kaki pada lari jarak pendek
Aspek Afektif
· Disiplin, semangat,
sportifitas, percaya diri dan kejujuran
Aspek Psikomotor
·Melakukan teknik dasar menolak
tanpa awalan, di udara, mendarat
·
Melakukan lomba lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·Mengetahui bentuk-bentuk teknik
dasar menolak tanpa awalan, di udara, mendarat
Aspek Afektif
· Disiplin, semangat,
sportifitas, percaya diri dan kejujuran
Aspek Psikomotor
·
Melakukan posisi awalan
·
Melakukan teknik dasar memegang
peluru dan menolak
·Melakukan lomba menolak peluru dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar awalan, memegang peluru dan menolak
Aspek Afektif
· Disiplin, semangat,
sportifitas, percaya diri dan kejujuran
|
|
|||
|
1.4 Memptraktikkan teknik dasar salah satu permainan
dan olah raga perorangan beladiri lanjutan serta nilai kerjasama, kejujuran,
percaya diri dan menghormati lawan **)
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan teknik dasar kuda-kuda
·
Melakukan teknik dasar langkah
·
Merangkai teknik dasar kuda-kuda dan langkah
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar kuda-kuda dan langkah
Aspek Afektif
·
Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar
kuda-kuda dan langkah
· Merangkai teknik dasar
kuda-kuda dan langkah
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar kuda-kuda dan langkah
Aspek Afektif
·
Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan
Aspek Psikomotor
·
Melakukan teknik dasar langkah dan jatuhan
·
Merangkai teknik dasar langkah dan jatuhan
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk-bentuk teknik dasar langkah dan jatuhan
Aspek Afektif
·
Kerjasama, kejujuran, percaya diri dan menghormati lawan
|
|
|||
2. Mempraktikan latihan kebugaran jasmani,dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
2.1.Mempraktikkan jenis latihan
kekuatan dan day atahan otot serta nilai disiplin dan tanggungjawab
2.2. Mempraktikkan latihan daya tahan
jantung dan paru-paru, serta nilai disiplin dan tanggungjawab
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan otot kaki
·
Melakukan latihan kekuatan dan daya
tahan lengan, bahu dan dada
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk-bentuk latihan kekuatan dan daya tahan otot kaki,
lengan, bahu dan dada
Aspek Afektif
·
Disiplin dan tanggungjawab
Aspek Psikomotor
·
Melakukan bentuk latihan kebugaran jasmani dengan lari jarak menengah
atau lari 12 menit
Aspek Kognitif
· Mengetahui fungsi dan tujuan
tes lari 12 menit
Aspek Afektif
·
Disiplin dan tanggungjawab
|
|
|||
3. Mempraktikan senam dasar
dengan teknik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1. Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan
keseimbangan bertumpu pada kaki, serta nilai disiplin, keberanian, dan
tanggungjawab
3.2.
Mempraktikkan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu selain
kaki serta nilai disiplin, keberanian dan tanggungjawab
|
|
Aspek Psikomotor
·
Berdiri dengan satu kaki (sikap melayang)
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentu latihan sikap melayang,
Aspek Afektif
·
Disiplin, keberanian, dan tanggungjawab
Aspek Psikomotor
·
Melakukan sikap lilin
·
Berdiri dengan dahi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentu latihan,sikap lilin dan berdiri dengan dahi
Aspek Afektif
·
Disiplin, keberanian, dan tanggungjawab
|
|
|||
|
3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap
keunikan lagu daerah setempat
|
|
·
Mampu menyebutkan keunikan yang ada pada lagu daerah setempat
·
Membedakan keunikan lagu etnik daerah dan lagu POP daerah setempat
|
|
|||
4.Mempraktikan senam irama tanpa alat, dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya
|
4.1.Mempraktikkan teknik dasar
senam irama tanpa alat, gerak langkah kaki mengikuti irama, serta nilai
disiplin, estetika, toleransi dan keluwesan
4.2 Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat, gerak mengayun satu lengan mengikuti irama,
serta nilaii kedisiplinan, estetika,
toleransi dan keluwesa
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar langkah
kaki biasa
· Melakukan teknik dasar langkah
kaki rapat
· Melakukan teknik dasar langkah
keseimbangan
· Melakukan teknik dasar ayunan
satu lengan depan, belakang dan samping
· Melakukan teknik dasar ayunan
satu lengan ke samping bersamaan memindahkan berat
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk teknik dasar
langkah kaki biasa, rapat, keseimbangan dan teknik dasar ayunan satu lengan
depan, belakang, samping serta ayunan satu lengan ke samping bersamaan
memindahkan berat badan
Aspek Afektif
· Kedisiplinan, estetika, toleransi dan keluwesa
|
|
|||
5. Mempraktikan teknik dasar renang gaya
dada,dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya *)
|
5.1.Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya
dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.2.Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang
gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.3.Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki, gerakan
lengan dan pernapasan gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar gerakan
kaki renang gaya dada
· Melakukan teknik dasar gerakan
lengan renang gaya dada
· Melakukan teknik dasar gerakan
kaki, lengan dan pernafasan
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk teknik dasar
gerakan, lengan dan pernafasan
Aspek Afektif
Disiplin,
keberanian dan kebersihan
|
|
|||
6. Mempraktikan perkemahan dan dasar-dasar penyelamatan
di lingkungan sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya ***)
|
6.1. Mempraktikkan pemilihan tempat yang
tepat untuk mendirikan tenda perkemahan, mempraktekkan teknik dasar
pemasangan tenda untuk perkemahan di lingkungan secara beregu, serta nilai
kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa
6.2.Mempraktikkan penyelamatan dan P3K terhadap jenis
luka ringan serta nilai kerjasama, tanggungjawab dan tenggang rasa
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan identifikasi tempat
yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan
· Melakukan pertolongan (P3K)
terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk identifikasi
tempat yang tepat untuk mendirikan tenda perkemahan dan pertolongan (P3K)
terhadap luka lecet, iris, memar dan tusuk
Aspek Afektif
· Kerjasama, tanggungjawab dan
tenggang rasa
|
|
|||
7.Menerapkan budaya hidup sehat
|
7.1.Memahami pola makan sehat
7.2.Memahami perlunya keseimbangan gizi
|
|
Aspek Psikomotor
· Unsur-unsur makanan sehat
·
Manfaat makanan sehat
Aspek Kognitif
· Mengetahui identifikasi makanan
yang dikonsumsi serta mengan dung
unsur zat gizi dan identifikasi makanan yang dikonsumsi sesuai dengan
kebutuhan tubuh
Aspek Afektif
· Kerjasama, tanggungjawab dan
kebersihan
|
|
|||
Jumlah
|
|
||||||
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 CIGUDEG
Wawan Rojali, S.Pd, M.Pd
NIP : 196103041989021005
|
|
Bogor, Juli
2015
Guru Mapel PJOK.
Dedi Rahmat Hidayat, S.Pd
NIP : 197011302000031004
|
|||||
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)
Satuan Pendidikan : SMPN 2 CIGUDEG
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : VII (1) / 2
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar*
|
KKM
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
|
8. Mempraktikan
teknik dasar permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
|
8.1.Mempraktikkan variasi dan
kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu bola besar lanjutan
dengan koordinasi yang baik, serta nilai
kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan **)
8.2.Mempraktikkan variasi dan
kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu bola keci
lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi,
percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan
peralatan **)
8.3.Mempraktikkan variasi dan
kombinasi teknik dasar atletik serta nilai toleransi,
percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain,
bersedia berbagi tempat dan peralatan **)
8.4.Mempraktikkan variasi dan
kombinasi teknik dasar salah satu permainan olah raga beladiri lanjutan
dengan dengan koordinasi baik serta
nilai keberanian, kejujuran, menghormati
lawan dan percaya diri
|
|
Aspek Psikomotor
·
Mengumpan, menggiring dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan
luar serta serta menahan dengan telapak kaki
·
Melakukan variasi teknik dasar
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar mengumpan,menggiring
dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan passaing atas dan
bawah (penguatan)
· Melakukan servis bawah dan smash tanpa awalan
· Melakukan variasi teknik dasar
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan
bawah, servis bawah dan smash tanpa awalan
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan menggiring, passing
(dada, pantul, dari atas kepala (penguatan)
· Melakukan shooting satu tangan
dari depan dada dan lay- up shoot
· Melakukan variasi teknik dasar
· Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk variasi dan
kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul, dari atas kepala (penguatan)
dan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Memegang raket untuk servis dan
pukulan backhand
· Melakukan variasi teknik dasar
· Bermain dengan peraturan
yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk variasi dan
kombinasi teknik dasar megangan raket , pukulan servis dan pukulan backhand
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
·
Memegang bat servis dan
pukulan backhand
·
Melakukan variasi teknik dasar
·
Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk variasi dan
kombinasi teknik dasar megangan raket , pukulan servis dan pukulan backhand
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
·
Memegang raket dan pukulan backhand
·
Melakukan variasi teknik dasar
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikas
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk variasi dan
kombinasi teknik dasar megangan raket , dan pukulan backhand
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Memgang stick dan memukul
(swing dan bunch)
· Melakukan variasi teknik dasar
· Bermain dengan peraturan
yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk variasi dan
kombinasi teknik dasar megangan stick , dan pukulan (swing dan bunch)
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya
diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
·
Melakukanteknik start jongkok, lari, finish
·
Melakukan variasi teknik dasar start jongkok, lari, finish
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar start jongkok, lari,
finish
Aspek Afektif
· Toleransi, percaya diri,
keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat
dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik
dasar posisi awalan, memegang peluru, meletakan peluru dan menolak
· Melakukan variasi
teknik dasar memegang peluru, meletakan peluru dan menolak
· Melakukan lomba
tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk
variasi dan kombinasi teknik dasar posisi awalan, memegang peluru, meletakan
peluru dan menolak
Aspek Afektif
· Toleransi, percaya
diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi
tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
·
Melakukan teknik dasar awalan, menolak, posisi di udara, dan mendarat
·
Melakukan variasi teknik dasar awalan, meno lak, posisi di udara, dan mendarat
·
Melakukan lomba lompat jauh gaya jongkok dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar awalan, menolak,
posisi di udara, dan mendarat
Aspek Afektif
·
Toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang
lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang (depan, belakang,
samping, busur depan dan belakang)
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pukulan (depan, bawah, atas,
samping)
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar menendang (depan,
belakang, samping, busur depan dan belakang) dan pukulan (depan, bawah, atas,
samping)
Aspek Afektif
· Keberanian, kejujuran,
menghormati
lawan
dan percaya diri
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar tendangan dan pukulan
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar tendangan dan
pukulan
Aspek Afektif
· Keberanian, kejujuran,
menghormati
lawan dan percaya diri
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar bantingan
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar kuncian
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar bantingan dan
kuncian
Aspek Afektif
· Keberanian, kejujuran,
menghormati
lawan
dan percaya diri
|
|
|
9. Mempraktikan
latihan kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
|
9.1.Mempraktikkan jenis latihan untuk kelentukan dan
keseimbangan serta nilai disiplin dan tanggungjawab
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan latihan kelentukan
(pinggang, punggung, lutut, leher dan lengan)
· Melakukan latihan keseimbangan
(berdiri dengan satu kaki, sikap melayang, berjalan pada garis lurus sambil
berjalan jin-jit)
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
kelentukan (pinggang, punggung, lutut, leher dan lengan), dan keseimbangan
(berdiri dengan satu kaki, sikap melayang, berjalan pada garis lurus sambil
berjalan jin-jit)
Aspek Afektif
·
Disiplin dan tanggung jawab
|
|
|
|
9.2.Mempraktikkan jenis latihan kecepatan dan
kelincahan serta nilai disiplin dan tanggungjawab
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan latihan kelincahan (melompat-lompat melewati bangku bola/bangku
senam, berlari melewati lingkaran/ban dan berlari zig-zag)
· Melakukan latihan kecepatan
(lari shutle-run/lari bolak-balik dan lari estafet berkelompok
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan kelincahan (melompat-lompat melewati bangku
bola/bangku senam, berlari melewati lingkaran/ban dan berlari zig-zag), dan
latihan kecepatan (lari shutle-run/lari bolak-balik dan lari estafet
berkelompok
Aspek Afektif
· Disiplin dan tanggung jawab
|
|
|
10. Mempraktikan teknik dasar senam lantai dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
10.1. Mempraktikan teknik dasar
gerak guling depan serta nilai kedisiplinan, keberanian, tanggung jawab
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan teknik dasar berguling ke depan dengan membulatkan badan dari
posisi duduk
·
Melakukan teknik dasar berguling ke depan dari posisi jongkok
·
Melakukan teknik dasar berguling ke depan dari posisi berdi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan teknik dasar berguling ke depan dari posisi
duduk, jongkok dan berdiri
Aspek Afektif
·
Kedisiplinan,
keberanian, tanggung jawab
|
|
|
|
10.2.Mempraktikkan teknik dasar guling belakang serta nilai
disiplin, keberanian dan tanggungjawab
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan teknik dasar berguling
ke belakang dengan membulatkan badan dari posisi duduk
·
Melakukan teknik dasar berguling
ke belakang dari posisi jongkok
·
Melakukan teknik dasar berguling
ke belakang dari posisi berdiri
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan teknik dasar
berguling ke depan dari posisi duduk, jongkok dan berdiri
Aspek Afektif
·
Kedisiplinan,
keberanian, tanggung jawab
|
|
|
11. Mempraktikkan senam irama tanpa alat dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
11.1.Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat,
gerak mengayun dua lengan mengikuti irama, serta nilai-nilai disiplin,
estetika toleransi dan keluwesan
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan teknik dasar mengayun dua lengan depan belakang, ayunan dua
lengan ke samping, ayunan dua lengan ke samping diikuti berat badan
dipindahkan
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan teknik dasar mengayun dua lengan depan
belakang, ayunan dua lengan ke samping dan ayunan dua lengan ke samping
diikuti berat badan dipindahkan
Aspek Afektif
·
Disiplin, estetika toleransi dan keluwesan
|
|
|
|
11.2.Mempraktikkan teknik dasar senam irama tanpa alat
dengan melangkah dan mengayun lengan, serta disiplin, estetika, toleransi dan
keluwesan
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan gerak langkah biasa
ayunan satu lengan depan belakang,langkah mundur maju ayu nan dan putaran dua lengan,langkah ke
samping kiri dan kanan dengan ayunan dan putaran dua lengan
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
teknik dasar gerak langkah biasa
ayunan satu lengan depan belakang,langkah mundur maju ayu nan dan putaran dua lengan,langkah ke
samping kiri dan kanan dengan ayunan dan putaran dua lengan
Aspek Afektif
·
Disiplin, estetika toleransi dan keluwesan
|
|
|
12. Memparaktikkan teknik dasar renang gaya dada, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya *
|
12.1.Mempraktikkan koordinasi teknik dasar gerakan kaki
dan lengan renang gaya dada serta nilai-nilai disiplin, keberanian dan
12.2.Mempraktikkan koordinasi teknik dasar
lengan dan pernapasan renang gaya dada serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
kebersihan
12.3.Mempraktikkan koordinasi teknik dasar renang gaya
dada serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan koordinasi teknik dasar gerakan kaki dan lengan renang gaya
dada diawali meluncur dari pinggir kolam
·
Melakukan koordinasi teknik dasar gerakan lengan dan pernapasan renang
gaya dada diawali meluncur dari pinggir kolam
·
Melakukan koordinasi teknik dasar renang gaya dada, kaki, lengan dan
pernapasan diawali meluncur dari pinggir kolam
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
koordinasi teknik dasar gerak kaki, lengan dan pernafasan renang gaya
Aspek Afektif
Disiplin,
keberanian dan kebersihan
|
|
|
13. Menerapkan budaya hidup sehat
|
13.1 Memahami
berbagai penyakit menular seksual (PMS)
13.2 Memahami cara menghidari Penyakit Menular Seksual
(PMS)
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan idetifikasi penyakit
menular seksual
·
Cara pencegahan
Aspek Kognitif
·
Mengetahui idetifikasi penyakit
menular seksual dan cara
pencegahan
Aspek Afektif
· Kerja sama dan kebersihan
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
||
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 CIGUDEG
Wawan Rojali, S.Pd, M.Pd
NIP : 196103041989021005
|
|
Bogor, Juli
2015
Guru Mapel PJOK.
Dedi Rahmat Hidayat, S.Pd
NIP : 197011302000031004
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Kelas / Semester : VIII (2) / 1
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar*
|
KKM
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
|
1. Mempraktikan berbagai teknik
dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
1.1. .Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan
olahraga beregu bola besar lanjutan dengan
koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya dini,
keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar menedang
dan menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar dengan
koordinasi yang baik serta menahan dengan telapak kaki.
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk teknik dasar
menedang dan menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar dengan
koordinasi yang baik serta menahan dengan telapak kaki.
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar passing
atas dan bawah bola voli serta smash tanpa awalan, dengan koordinasi yang
baik !
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk teknik dasar
passing atas dan bawah bola voli serta smash tanpa awalan, dengan koordinasi
yang baik !
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya
dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar passing (dada,
pantul dan dari atas kepala),
· Mengiring, shooting (dengan dua tangan dari atas depan kepala)
dan lay-up shoot dengan koordinasi yang baik
·
Bermain dengan peraturan yang di modifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk teknik dasar
passing (dada, pantul dan dari atas kepala), Mengiring, shooting (dengan dua tangan dari atas depan kepala)
dan lay-up shoot dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya
dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
|
|
|
1.2
Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola
kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik
serta nilai kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan peralatan**)
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar memegang raket forehand dan backhand
untuk melakukan servis , pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi
yang baik
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk servis dan
pukulan dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya
dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar memegang bat untuk melakukan
servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi.
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk teknik dasar memegang
bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan
koordinasi yang baik
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya
dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar memegang raket forehand dan
backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi.
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk teknik dasar memegang
raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan
koordinasi yang baik
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya
dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
|
|
|
1.3 Mempraktikan teknik da sar salah satu pe- rmainan dan
olah raga atletik lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama , toleransi ,percaya diri,keberanian, menghargai la – an,bersedia ber – bagi
tempat dan peralatan **)
|
|
Aspek Psikomotor
· Pitcher) dan mengakap (catcher)
memegang stick dan pukulan (swing/bunch) dengan koordinasi yang
baik
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi.
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk teknik dasar
melempar,menangkap memegang stick dan pukulan swing/bunch dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya
dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Psikomotor
· Melakukan tehnik dasar start
jongkok mengunakan aba-aba (bersedia, siap,ya/go)
· Melakukan kombinasi tehnik
dasar strat, lari dan finish
· Melakukan lomba lari dengan peraturan
yang dimodifikasi
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar start jongkok mengunakan aba-aba, teknik lari dan
finish
Afektie
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Aspek Psikomotor
·
Melakukan tehnik dasar strat, lari dan finish dengan koordinasi yang baik
·
Melakukan lomba lari dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk teknik dasar dasar start berdiri, lari dan finish
dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya
dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Psikomotor
· Melakukan teknik dasar posisi
awal menolak peluru
· Melakukan kombinasi posisi awal menolak
dan gerak ikutan
· Melakukan lomba tolak peluru
dengan peraturan yang dimodifikasi
Kogniti
· Mengetahui bentuk –bentuk
kombinas teknik dasar posisi awal menolak peluru, dan gerak ikutan
Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
|
|
|
|
1.4 Mempraktikkan teknik dasar salah salah satu permainan
olahraga bela diri lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai keberanian, kejujuran,
menghormati lawan dan percaya diri **)
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan teknik dasar gerak
langkah, kuda-kuda, pukulan dan
tangkisan dengan koordinasi yang baik
·
Melakukan gerak berpasangan ( pukulan dan tangkisan
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk teknik dasar
gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan
tangkisan dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
Aspek Psikomotor
·
Melakukan tehnik dasar pukulan dan tangkisan dengan koordinasi yang baik
·
Melakukan gerak berpasangan pukulan dan tangkis
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk teknik dasar tangkisan dan pukulan
dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
Aspek Psikomotor
·
Melakukan teknik dasar gerak langkah dan jatuhan dengan koordinasi yang
baik
·
Melakukan gerak berpasanga langkah dan jatuhan,
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk teknik dasar gerak langkah dan jatuhan dengan
koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
|
|
|
2. Mempraktikan latihan kebugaran dalam bentuk
latihan sirkuit dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
2.1 Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya tahan
anggota badan bagian atas dengan sistem sirkuit serta nilai disiplin dan tanggung jawab
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan mekuatan dan daya tahan otot lengan, dada dan bahu
·
Melakukan lomba kekuatan dan daya tahan otot lengan, dada dan
bahu dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan daya tahan otot lengan,dada dan bahu
Aspek Afektif
Nilai disiplin dan tanggung jawab
|
|
|
|
2..2 Mempraktikkan latihan kekuatan dan daya
tahan anggauta badan bagian bawah dengan sistem sirkuit serta nilai disiplin dan tanggung jawab
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan kekuatan dan daya tahan otot paha dan kaki
·
Melakukan lomba kekuatan dan daya tahan otot paha dan kaki dengn
peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan kekuatan dan daya tahan otot paha dan kaki
Aspek Afektif
·
Nilai disiplin dan tanggung jawab
|
|
|
3.Mempraktikan teknik dasar
senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
3.1
Mempraktikkan teknik dasar senam lantai meroda serta nilai kedisiplinan,
keberanian dan tanggung jawab
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan tehnik dasar meroda
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan teknik dasar meroda
Aspek Afektif
·
Kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab
|
|
|
|
3.2 Mempraktikkan teknik dasar senam lantai guling
lenting serta nilai kedisiplinan,
keberanian dan tanggung jawab
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan tehnik dasar guling
lenting
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan teknik dasar guling lenting
Aspek Afektif
·
Kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab
|
|
|
4.Mempraktikan senam irama dengan alat dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
4.1
Mempraktikkan teknik dasar senam irama menggunakan tongkat atau simpai
dengan gerakan mengayun dan memutar ke berbagai arah serta nilai disiplin, toleransi dan
estetika
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan tehnik dasar memegang tokat (regular grips, revers
grips, mixed grips)
·
Melakukan tehnik dasar mengayun tongkat depan, samping dan dibelakang
badan
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan teknik dasar memegang tokat (regular grips, revers grips, mixed
grips)
·
Melakukan tehnik dasar mengayun tongkat depan, samping dan dibelakang
badan
Aspek Afektif
·
Disiplin, toleransi dan estetika
|
|
|
|
4.2. Mempraktikkan
kombinasigerakan mengayun/memutar ke berbagai arah dengan gerak
melangkah serta nilai
disiplin,toleransi, keluwesan gerak, dan estetika
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan tehnik dasar mengayun dengan tongkat kedepan,samping dan
belakang badan diikuti dengan gerak melangkah
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan teknik dasar mengayun dengan tongkat
kedepan,samping dan belakang badan diikuti dengan gerak melangkah
Aspek Afektif
·
Disiplin, toleransi dan estetika
|
|
|
5.Mempraktikan teknik dasar renang gaya bebas dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
|
5.1Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya
bebas serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.2 Mempraktikkan teknik dasar
gerakan lengan renang gaya bebas serta
nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
5.3 Mempraktikkan teknik dasar pernapasan renang gaya
bebas serta nilai disiplin dan
kebersihan
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan tehnik dasar gerakan kaki renang gaya bebas
· Melakukan teknik dasar
gerakan lengan renang gaya bebas
· Melakukan teknik dasar
gerakan pernafasan renang gaaya bebas
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan teknik dasar gerakan kaki, lengan dan
pernafasan renang gaaya bebas
Aspek Afektif
·
Disiplin dan kebersihan
|
|
|
6. Menerapkan budaya hidup sehat
|
6.1 Mengenal bahaya seks bebas
6.2 Menolak budaya seks bebas
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan identifikasi Jenis penyakit kelamin (Gonorrhoea, syphilis
AIDS)
· Melakukan penolakan
terhadap penyakit
seks
Aspek Kognitif
· Mengetahui cara melakukan
penolakan terhadap budaya sek bebas !
Aspek Afektif
·
Kerja sama dan kebersihan
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
||
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 CIGUDEG
Wawan Rojali, S.Pd, M.Pd
NIP : 196103041989021005
|
|
Bogor, Juli
2015
Guru Mapel PJOK.
Dedi Rahmat Hidayat, S.Pd
NIP : 197011302000031004
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : VIII (2) / 2
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar*
|
KKM
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
||||
7. Mempraktikan berbagai teknik
dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
7.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan
dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta
nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai
lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan variasi dan kombinasi
tehnik dasar (menendang dan menghentikan bola mengunakan kaki bagian dalam
dan luar) serta menahan bola dengan telapak kaki dengan koordinasi
yang baik
· Bermain bola dengan peraturan
yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
variasi dan kombinasi teknik dasar(menendang dan menghentikan bola mengunakan
kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak kaki dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakuan variasi dank ombinasi
teknik dasar passing atas, bawah bola
voli dan smash tampa awalan dengan koordinasi yang baik
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi.
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas, bawah bola voli dan smash tampa awalan dengan koordinasi
yang baik
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
·
Melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan
dari atas kepala, menggiring, shooting dan lay-up shoot) dengan koordinasi
yang baik
· Bermain dengan pe-raturan yang
di modifik
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas
kepala, menggiring, shooting dan lay-up shoot)
dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
|
||||
|
7.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar
salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan
koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri,
keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi
tempat dan peralatan**)
|
|
Aspek Psikomotor
· Lakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan
pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang
raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta
backhand dengan
koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan Kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan
servis dan pukulan forehand serta backhand
dengan koordinasi yang baik
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi.
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bet
forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta
backhand dengan
koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan Kombinasi teknik dasar memegang raket untuk
melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand
dengan koordinasi yang baik
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi.
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang
raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta
backhand dengan
koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar melempar ( pitcher) dan mengakap (catcher) teknik dasar memegang
stick dan pukulan (swing/bunch) dengan koordinasi yang baik
· Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi.
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar (
pitcher) dan mengakap (catcher) teknik dasar memegang stick dan pukulan
(swing/bunch) dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
|
||||
|
7.3 Mempraktikan variasi dan
kombinasi teknik dasar lanjutan atletik dengan koordinasi yang baik
serta nilai ,percaya diri,keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
**)
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar start berdiri, lari
dan finish dengan koordinasi yang baik
· Lomba lari lari jarak menengah dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar start
berdiri, lari dan
finish dengan
koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Percaya diri,keberanian, menjaga
keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi
tehnik dasar memegang lembing, posisi awal melempar, dan gerak ikutan dengan koordinasi
yang baik
·
Lomba melempar lembing dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang
lembing, posisi awal melempar, dan gerak ikutan
dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Percaya diri,keberanian, menjaga
keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar lompat jauh gaya melenting
(awalan, tolakan, sikap diudara dan mendarat)
dengan koordinasi yang baik
·
Lomba lompat jauh gaya melenting dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh
gaya melenting (awalan, tolakan, sikap diudara dan mendarat) dengan koordinasi
yang baik
Aspek Afektif
·
Percaya diri,keberanian, menjaga
keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralata
|
|
||||
|
7.4
Mempraktikkan variasi dan kombinasi
teknik dasar salah salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai keberanian,
kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri **)
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan
tangkis dengan koordinasi yang baik
·
Gerak berpasangan kuda-kuda,
pukulan dan tangkisan
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh
gaya melenting (awalan, tolakan, sikap diudara dan mendarat) dengan koordinasi
yang baik
Aspek Afektif
·
Percaya diri,keberanian, menjaga
keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan variasi dan kombinasi tehnik
dasar tangkisan dan pukulan dengan koordinasi yang baik
·
Melakukan gerak berpasangan pukulan dan tangkis
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar tangkisan
dan pukulan dengan
koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi tehnik dasar gerak langkah dan jatuhan dengan koordinasi
yang baik
· Gerak berpasangan berpasangan pukulan dan
tangkisan
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan variasi dan kombinasi teknik dasar tangkisan
dan pukulan dengan
koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
|
|
||||
8.
Mempraktikan latihan kebugaran dalam bentuk latihan sirkuit dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
8.1 Mempraktikkan latihan kecepatan dan kelincahan
anggota badan bagian atas serta nilai
disiplin dan tanggung jawab
8..2 Mempraktikkan latihan
kecepatan dan kelincahan tahan anggauta badan bagian bawah serta nilai disiplin dan tanggung jawab
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan latiah kecepatan dan kelincahan lengan, bahu dan dada (mengoper
bola.memantulkan bola kedinding dengan menghitung jumlah overan/menit atau
push-up variasikan dengan tepuk tangan)
·
Melakukan latiah kecepatan dan kelincahan otot paha dan kaki (melompat
bangku senam, arah lurus dan zigzak)
·
Melakukan lomba kecepatan dan kelincahan lengan, bahu dan dada, kaki dan
paha dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan
kecepatan dan kelincahan lengan, bahu dan dada (mengoper
bola.memantulkan bola kedidnding dengan menghitung jumlah operan/menit atau
push-up divariasikan dengan tepuk tangan)
·
Mengetahui bentuk latihan
kecepatan dan kelincahan otot paha dan kaki (melompat bangku senam
arah lurus dan zigzak)
Aspek Afektif
·
Disiplin dan tanggung jawab
|
|
||||
9.Mempraktikan teknik dasar senam lantai dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
9.1 Mempraktikkan rangkaian
teknik dasar gerak meroda dan guling depan serta
nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab
9.2 Mempraktikkan rangkaian
teknik dasar guling depan dan guling lenting
serta nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan rangkaian tehnik dasar gerak meroda dan guling depan
·
Melakukan rangkaian tehnik dasar gerak guling depan dan guling
lenting
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk latihan
rangkaian tehnik dasar gerak meroda dan guling depan dan rangkaian
tehnik dasar gerak guling depan dan guling lenting
Aspek Afektif
·
Kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab
|
|
||||
10.Mempraktikan senam irama dengan alat dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya
|
10.1 Mempraktikkan variasi gerakan mengayun ke berbagai
arahah serta nilai disiplin, toleransi
dan keluwesan
10.2
Mempraktikkan variasi gerakan memutar ke berbagai arahah serta nilai disiplin, toleransi dan keluwesan
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi tehnik dasar mengayun tongkat (depan,samping dan
belakang)
· Melakukan variasi tehnik dasar
gerak memutar tongkat (depan,samping
dan belakang)
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk latihan
variasi tehnik dasar mengayun tongkat (depan,samping dan belakang) dan gerak
memutar tongkat (depan,samping dan
belakang)
Aspek Afektif
· Disiplin, toleransi dan
keluwesan
|
|
||||
11.Mempraktikan teknik dasar renang gaya bebas dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
|
11.1Mempraktikkan koordinasi
teknik dasar gerakan kaki dan lengan renang
11.2 Mempraktikkan koordinasi
teknik dasar pernafasan renang gaya bebas
serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan koordinasi tehnik dasar gerakan kaki, lengan dan
pernapasan renang gaya bebas
·
Melakukan koordinasi teknik dasar pernafasan renang gaya bebas
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk koordinasi tehnik dasar gerakan kaki, lengan dan pernapasan
renang gaya bebas
Aspek Afektif
·
Disiplin, keberanian dan kebersihan
|
|
||||
12.Mempraktikan
penjelajahan di sekitar sekolah dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
***)
|
12.1 Mendiskripsikan perencanaan kegiatan penjelajahan
secara sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, etika,
memperhatikan keselamatan dan kebersihan lingkungan
12..2 Mempraktikkan
keterampilan
penjelajahan
di sekitar sekolah serta nilai
kerjasama, toleransi, tolong menolong, estetika, memperhatikan kesela
matan dan kebersihan lingkungan
|
|
Aspek Psikomotor
·
Pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan penjelajaan di sekitar sekolah
· Penjelajahan disekitar sekolah
Aspek Kognitif
·
Mengetahui cara pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan penjelajaan di
sekitar sekolah dan pelaksanaan penjelajahan disekitar sekolah
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, tolong menolong, etika, memperhatikan keselamatan
dan kebersihan lingkungan
|
|
||||
13. Menerapkan budaya hidup sehat
|
13.1Memahami
berbagai penyakit menular yang bersumber
dari lingkungan tidak sehat
13.2Memahami
cara menghindari penyakit menular yang bersumber dari lingkungan yang tidak
sehat
|
|
Aspek Psikomotor
· Macam penyakit
· Penyebab penyakit
·
Gejala penyakit
·
Melakukan cara pencegahan terhadap penyakit
Aspek Kognitif
· Mengetahui cara
mengidentifikasi macam, penyebab dan
gejala penyakit serta cara pencegahan terhadap penyakit
Aspek Afektif
·
Kerjasama, toleransi, tolong menolong dan kebersihan lingkungan
|
|
||||
Jumlah
|
|
|
|
|||||
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 CIGUDEG
Wawan Rojali, S.Pd, M.Pd
NIP : 196103041989021005
|
|
Bogor, Juli
2015
Guru Mapel PJOK.
Dedi Rahmat Hidayat, S.Pd
NIP : 197011302000031004
|
||||||
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : IX (3) / 1
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar*
|
KKM
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
|
1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan
olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
1.1.Mempraktikkan
variasi dan kombinasi teknik dasar
salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta
nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai
lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
|
|
Aspek Psikomotor
· Variasi dan kombinasi tehnik
dasar (menendang dan menghentikan bola mengunakan kaki bagian dalam dan luar)
serta menahan bola dengan telapak kaki dengan koordinasi yang baik
· Variasi dan kombinasi tehnik
dasar mengiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dan koordinasi
yang baik
·
Bermain bola dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar
menendang, menghentikan bola, dan
menggiring bola
Aspek Afektif
· Dapat bekerjasama dengan teman
dalam kelompok dan berbagi tempat
serta peralatan dengan teman
Aspek Psikomotor
·
Variasi dan kombinasi
teknik dasar passing atas dan bawah bola voli dengan koordinasi yang baik
·
Variasi kobinasi teknik dasar
passing atas, bawah dan smash tampa awalan dengan koordinasi yang baik
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk –bentuk
variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas , bawah
bola voli dan smash
Aspek Afektif
· Dapat bekerjasama dengan teman
dalam kelompok dan berbagi tempat
serta peralatan dengan teman
Aspek Psikomotor
· Variasi dan kombinasi teknik
dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala) dengan koordinasi yang baik
· Variasi dan kombinasi teknik
dasar mengiring, shooting (dengan dua tangan dari atas depan kepala) dan
lay-up shoot dengan koordinasi yang
baik
·
Bermain dengan pe-raturan yang di modifik
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing,
mengiring, shooting dan lay-up shoot
Aspek Afektif
· Dapat bekerjasama dengan teman
dalam kelompok dan berbagi tempat
serta peralatan dengan teman
|
|
|
|
1.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan
tepat dan lancar serta nilai
kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, berbagi
tempat dan peralatan**)
1.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik
lanjutan serta nilai toleransi,
percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan**)
1.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah
satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan benar dan lancar serta nilai keberanian, kejujuran,
menghormati lawan dan percaya diri**)
|
|
Aspek
Psikomotor
· Melakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan
servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
· Bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik
dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis , pukulan
forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Aspek Psikomotor
· Melakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan
forehand serta backhand dengan koordinasi yang ba-ik
· Bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi.
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang
bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Aspek
Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar melempar (
pitcher) dan mengakap (catcher) dengan koordinasi yang baik
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk-bentuk teknik variasi dan kombinasi
dasar melempar, mengakap, memegang stick dan pukulan
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat dengan teman
Aspek
Psikomotor
· Melakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan
forehand serta backhand dengan
koordinasi yang baik
· Bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi.
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang
raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan
koordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat dengan teman
Aspek Psikomotor
·
MelakukanTeknik dasar start, lari dan finish secara
berpasangan atau kelom- pok
·
Melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar lari jarak jauh
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Aspek Psikomotor
· Melakukan awalan,
tolakan, dan mendarat
· Melakukan lomba
lompat jauh dengan peraturan yang
dimodifikas
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar lompat jauh gaya melenting
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Aspek
Psikomotor
·
Melakukan tehnik dasar memegang, posisi awal, memutar, melempar dan gerak ikutan secara
·
Melakukan lomba lempar cakram dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar
lempar cakaram
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Aspek Psikomotor
· Melakukan awalan,
tolakan, sikap di atas mistar dan mendarat
· Melakukan lomba lompat
tinggi gaya straddle dengan peraturan yang dimodifikas
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar lompat jauh gaya melenting
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Aspek Psikomotor
·
Melakukan tehnik dasar memegang, posisi awal, memutar, menolak dan gerak ikutan secara berpasangan
·
Melakukan lomba tolak peluru gaya membelakang dengan
peraturan yang dimodifikasi
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar lempar cakaram
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Aspek Psikomotor
·
Melakukan tehnik dasar memegang, posisi awal, gerak awalan, langkah silang,
melempar dan gerak ikutan secara
berpasangan
·
Melakukan lomba lempar lembing langkah silang dengan
peraturan yang dimodifikasi
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar lempar cakaram
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Aspek
Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan
benar (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkis)
·
Melakukan gerak berpasangan (sambungan)
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik
dasar, gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkis
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok, keberanian, kejujuran, menghormati lawan
dan percaya diri
Aspek
Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan
tepat (gerak memukul, tangkis dan menendang)
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk varoasi dan kombinasi teknik dasar pukulan
, tangkis dan tendangan
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok keberanian, kejujuran, menghormati lawan
dan percaya diri
Aspek
Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat
(langkah,jatuh dan kuncian)
·
Melakukan gerak berpasangan
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinas teknik
dasar gerak langkah, jatuhan, dan
kunci
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok menghormati lawan dan percaya diri
|
|
|
2. Mempraktikan jenis latihan beban dengan
alat sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalmnya.
|
2.1 Mengidentifikasi jenis-jenis latihan yang sesuai
dengan kebutuhan
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan identifikasi bentuk
latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah)
·
Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kelentukan ( persendian
leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kak
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan badan
bagian atas dan bawah
Aspek Afektif
·
Semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
|
|
|
|
2..2 Mempraktikkan
latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran
jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana serta nilai semangat, tanggung jawab,
disiplin, dan percaya diri
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan bentuk latihan untuk
kekuatan dan daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah)
· Melakukan bentuk latihan untuk
kelentukan ( persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kaki
·
Melakukan bentuk latihan untuk
kecepatan (untuk otot badan bagian atas dan bawah)
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan badan
bagian atas dan bawah
Aspek Afektif
·
Semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
|
|
|
3.Mempraktikan rangkaian gerak
senam lantai dengan gerakan yang benar dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
|
3.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa
alat serta nilai percaya diri, kerja
sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumbu pada kaki) dilanjutkan
denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai keseimbangan (bertumpu pada kaki)
dilanjutkan denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling
kedepan
Aspek Afektif
·
Percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan
|
|
|
|
3.2
Mempraktikkan beberapa rangkaian senam lantai , serta nilai
keberanian, kedisiplinan, keluwesan dan estetika
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan gerak rangkai
keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak berguling
kedepan dan bergerak guling lenting
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain
kaki) delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting
Aspek Afektif
·
Percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan
|
|
|
4. Mempraktikan rangkaian gerak
teknik senam irama tanpa dan dengan alat serta nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
|
4.1 Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik tanpa alat dengan
koordinasi gerak yang baik serta nilai
disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan gerak rangkai ayunan
satu lengan dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak
langkah kaki
Aspek Afektif
· Disiplin, toleransi, keluwesan
dan estetika
|
|
|
|
4.2
Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik berirama menggunakan alat
dengan koordinasi gerak serta nilai
disiplin, toleransi, keluwesan, dan estetika
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan gerak rangkai
mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko
ordinasi yang baik
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar mengayun dengan tongkat
kedepan,samping dan belakang badan, diikuti dengan gerak melangkah
Aspek Afektif
· Disiplin, toleransi, keluwesan,
dan estetika
|
|
|
5. Mempraktikan teknik dasar renang gaya punggung dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya*)
|
5.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya
punggung serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan tehnik dasar gerakan
kaki renang gaya bebas
Aspek
Kognitif
· Mengetahui bentuk –bentuk
tehnik dasar gerakan kaki renang gaya
bebas
·
Aspek Afektif
· Disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
|
|
|
5.2
Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya punggung serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya be-bas
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar gerakan lengan renang gaya bebas
Aspek Afektif
· Disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
|
|
|
5.3
Mempraktikkan teknik dasar pernapasan renang gaya punggung serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan teknik dasar pernapasan renang gaya be-bas
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk tehnik dasar pernapasan renang gaya bebas
Aspek Afektif
· disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
|
|
6.Mempraktikan dasar-dasar penjelajahan di alam bebas dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya
|
6.1 Mempraktikkan rencana kegiatan penjelajahan
|
|
Aspek Psikomotor
· Pembuatan perencanaan,
dasar-dasar kegiatan penjelajahan dialam bebas (perencanan yang disesuaikan
dengan kondisi dan situasi tempat kegiatan) secara kelompok
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui Pembuatan perencanaan, dasar-dasar kegiatan penjelajahan
dialam bebas
Aspek Afektif
· kerjasama, disiplin,
keselamatan, kebersihan, dan etika
|
|
|
|
6.2Mempraktikkan berbagai keterampilan untuk memecahkan
masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas serta nilai kerjasama, disiplin,
keselamatan, kebersihan, dan etika
|
|
Aspek Psikomotor
·
Keterampilan untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas
penjelajahan di alam bebas
Aspek
Kognitif
· Mengetahui cara memecahkan
masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas
Aspek Afektif
· Kerjasama, disiplin,
keselamatan, kebersihan, dan etika
|
|
|
7. Menerapkan budaya hidup
sehat
|
7.1 Melakukan iden-tifikasi
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukanidentifikasi peyebab
kebakaran (merokok, zat yang mudah terbakar, nyala api terbuka)
Aspek
Kognitif
· Mengetahui peyebab kebakaran
Aspek Afektif
· Dapat bekerjasama dengan teman
dalam kelompok, kedisiplinan, dan kebersihan
|
|
|
|
7.2 Melakukan
cara menghindari bahaya keba - karan
|
|
Aspek Psikomotor
· Identifikasi cara pencegahan
bahaya kebakaran
Aspek
Kognitif
· Mengetahui cara menghindari
bahaya kebakaran
Aspek Afektif
· Dapat bekerjasama dengan teman
dalam kelompok, kedisiplinan dan kebersihan
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
||
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 CIGUDEG
Wawan Rojali, S.Pd, M.Pd
NIP : 196103041989021005
|
|
Bogor, Juli
2015
Guru Mapel PJOK.
Dedi Rahmat Hidayat, S.Pd
NIP : 197011302000031004
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR* (KD)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester : IX (3) / 2
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar*
|
KKM
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
8. Mengembangkan berbagai
teknik dasar ke dalam permainan dan olahraga serta nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
|
8.1.Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan
dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan tepat dan lancar serta nilai kerjasama, toleransi, percaya dini,
keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
|
|
Aspek Psikomotor
·
Variasi dan kombinasi tehnik dasar (menendang dan menghentikan bola
mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak kaki
dengan dan punggung kaki dengan tepat dan lancar
· Bermain bola dengan peraturan
yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk Variasi dan kombinasi tehnik dasar (menendang
dan menghentikan bola mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan
bola dengan telapak kaki dengan dan punggung kaki dengan tepat dan lancar
Aspek Afektif
·
Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dank ombinasi teknik dasar passing atas, bawah dan
smash tampa awalan bola voli
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi tehnik dasar passing
atas, bawah dan smash tampa awalan bola voli
Aspek Afektif
· Nilai kerjasama, toleransi,
percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan
peralatan
Aspek Psikomotor
·
Variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas
kepala mengiring, shooting dengan dua tangan dari atas depan kepala dan
lay-up shoot)
·
Bermain dengan pe-raturan yang di modifik
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk Variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari
atas kepala mengiring, shooting dengan dua tangan dari atas depan kepala dan
lay-up shoot)
Aspek Afektif
·
Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
|
|
8.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar
salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan tepat
dan lancar serta nilai
kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia
berbagi tempat dan peralatan**)
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan
backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan
tepat
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang
raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta
backhand
Aspek Afektif
· Nilai kerjasama, toleransi,
percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan
peralatan
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan
servis dan pukulan forehand serta backhand dengan tepat
·
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat
untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan tepat
Aspek Afektif
·
Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (memegang
raket,servis dan pukulan)
·
Bermain tenis dengan peraturan
yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk –bentuk
variasi dan kombinasi teknik dasar
(memegang raket,servis dan pukulan)
Aspek Afektif
·
Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
Aspek Psikomotor
·
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar (memegang bat,melempar tangkapan dan
pukulan)
·
Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar (memegang
bat,melempar tangkapan dan pukulan)
Aspek Afektif
·
Nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan
|
|
|
8.3 Memperaktikan teknik dasar
atletik lanjutan serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian,
keselamatan, berbagi tempat dan peralatan **)
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan teknik dasar ( start, lari dan finish)
·
Melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar ( start, lari dan finish)
Aspek Afektif
·
Nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat
dan peralatan
Aspek Psikomotor
·
Melakukan lakukan teknik dasar awalan, tolakan, posisi di udara dan mendarat lompat jauh gaya melenting
·
Melakukan lomba lompat jauh gaya melenting
dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar awalan, tolakan, posisi di
udara dan mendarat lompat jauh gaya
melenting
Aspek Afektif
·
Nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat
dan peralatan
Aspek Psikomotor
· Melakukan awalan,
tolakan, sikap di atas mistar dan mendarat
· Melakukan lomba lompat
tinggi gaya straddle dengan peraturan yang dimodifikas
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar lompat jauh gaya melenting
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Aspek Psikomotor
·
Melakukan lakukan teknik dasar lempar cakram awaln memutar (memegang
cakram, posisi awal lemparan, gerak awalan memutar, melempar dan gerak ikutan
)
·
Melakukan lomba lempar cakram awaln memutar dengan peraturan yang
dimodifikasi
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar
lempar cakram awaln memutar
Aspek Afektif
·
Nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat
dan peralatan
Aspek Psikomotor
·
Melakukan tehnik dasar memegang, posisi awal, gerak awalan, langkah silang,
melempar dan gerak ikutan secara
berpasangan
·
Melakukan lomba lempar lembing langkah silang dengan
peraturan yang dimodifikasi
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar lempar cakaram
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
Aspek Psikomotor
·
Melakukan tehnik dasar memegang, posisi awal, memutar, menolak dan gerak ikutan secara berpasangan
·
Melakukan lomba tolak peluru gaya membelakang dengan
peraturan yang dimodifikasi
Aspek
Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar lempar cakaram
Aspek Afektif
·
Dapat bekerjasama dengan teman dalam kelompok dan berbagi tempat serta peralatan dengan teman
|
|
8.4
Memperaktikan variasi dan kombinasi
teknik dasar salah satu permainan olahraga beladiri lanjutan dengan tepat dan
lancar serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
**)
|
|
|
Aspek Psikomotor
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar
variasi dan kombinasi (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan)
Aspek Afektif
·
Nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
Aspek Psikomotor
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk teknik dasar
variasi dan kombinasi (kuda-kuda, langkah, pukulan dan tangkisan)
Aspek Afektif
·
Nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
Aspek Psikomotor
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar (langkah, jatuhan, bantingan dan
kuncian )
Aspek Afektif
·
Nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri
|
|
9. Mempraktikan tes kebugaran
jasmani secara sederhana
|
9.1
Mempraktikkan tes kesegaran
jasmani secara sederhana
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan tes kelenturan,
kekuatan otot tangan, daya ledak otot
· Melakukan tes lari jarak 2,4 Km
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk –bentuk tes
kelenturan, kekuatan otot tangan, daya
ledak otot dan tes lari jarak 2,4 Km
Aspek Afektif
· Nilai kejujuran, tanggung jawab
dan percaya diri
|
|
|
9.2 Melakukan
iterpretasi secara sederhana hasil tes dalam menentukan derajat kebugaran
|
|
Aspek Psikomotor
·
Mencocokan hasil tes pada tabel yang telah menjadi dasar acuan seperti
(table cooper)
Aspek Kognitif
·
Mengetahui cara-cara Mencocokan hasil tes pada tabel yang telah menjadi
dasar acuan seperti (table cooper)
Aspek Afektif
· Nilai kejujuran, tanggung jawab
dan percaya diri
|
|
10.Mempraktikan rangkaian gerak senam lantai
dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
10.1 Mempraktik
an rangkaian senam lantai tanpa alat
serta nilai percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan gerak rangkai
keseimbangan (bertumpu pada kaki/selain kaki) dilanjutkan guling kedepan,
guling lenting dan guling belakang
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai keseimbangan (bertumpu pada
kaki/selain kaki) dilanjutkan guling kedepan, guling lenting dan guling
belakang
Aspek Afektif
·
Nilai keberanian, kejujuran,
tanggung jawab dan percaya diri
|
|
|
10.2. Mempraktik
an beberapa rangkaian senam lantai , serta nilai per- caya diri dan disiplin
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan gerak rangkai lompat hariamu melalui box, guling depan dan
dilanjutkan dengan guling lenting
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai lompat hariamu melalui box,
guling depan dan dilanjutkan dengan guling lenting
Aspek Afektif
· Nilai keberanian, kejujuran, tanggung jawab dan percaya diri
|
|
11. Mempraktikan senam irama dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya
|
11.1 Mempraktikan
gerak berirama tanpa alat dengan koordinasi yang benar serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan
dan estetika
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan dua lengan dengan gerak
langkah kaki (biasa, rapat dan keseimbangan)
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai ayunan satu lengan dan dua lengan
dengan gerak langkah kaki (biasa, rapat dan keseimbangan)
Aspek Afektif
·
Nilai keluesan dan keserasian gerak dengan irama
|
|
|
11..2.Mempraktikan gerak
rangkai se – nam irama menggu nakan alat dengan koordinasi serta ni- lai
kedisiplinan,to- leransi,keluesan, dan
estetika
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan
gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk gerak rangkai mengayun tongkat depan,samping
dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik
Aspek Afektif
·
Nilai keluwesan dan keserasian gerak dengan irama
|
|
12.Mempraktikan teknik kecakapan teknik dasar renang
gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya *)
|
12.1 Mempraktikan koordinasi teknik dasar gerakan kaki,
lengan, renang gaya punggung dalam jarak tertentu serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan koordinasi teknik dasar gerakan kaki, lengan dan pernafasan
renang gaya punggung
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk koordinasi teknik dasar gerakan kaki, lengan
dan pernafasan renang gaya punggung
Aspek Afektif
· Nilai keberanian dan kebersihan
|
|
|
12.2 Mempraktikan koordinasi teknik dasar renang gaya punggung dalam jarak tertentu serta nilai disiplin,
keberanian dan kebersihan
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan koordinasi teknik
dasar renang gaya punggung (renang menempuh jarak 10m, 20m dan dilanjutkan
dengan jarak 25m)
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk –bentuk
koordinasi teknik dasar renang gaya punggung (renang menempuh jarak 10m, 20m
dan dilanjutkan dengan jarak 25m)
Aspek Afektif
·
Nilai keberanian dan kebersihan
|
|
13. Menerapkan budaya hidup sehat
|
13.1Mempraktikan
identifikasi bahaya bencana alam
|
|
Aspek Psikomotor
·
Melakukan identifikasi jenis bencana dan penyebab bencana
Aspek Kognitif
·
Mengetahui bentuk –bentuk identifikasi jenis bencana dan penyebab bencana
Aspek Afektif
·
Nilai kepedulian , kerjasama dan kebersihan
|
|
|
13.2Mempraktikan cara meng hadapi berbagai benca alam
|
|
Aspek Psikomotor
· Melakukan identifikasi
pencegahan dan penanggulangan bencana alam
Aspek Kognitif
· Mengetahui bentuk –bentuk
identifikasi pencegahan dan penanggulangan bencana alam
Aspek Afektif
· Nilai kepedulian, kerjasama dan
kebersihan
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMPN 2 CIGUDEG
Wawan Rojali, S.Pd, M.Pd
NIP : 196103041989021005
|
|
Bogor, Juli
2015
Guru Mapel PJOK.
Dedi Rahmat Hidayat, S.Pd
NIP : 197011302000031004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar