Senin, 17 Agustus 2015

Curug Rahong Kadaung Tetap Mempesona

Keindahan curug yang satu ini sangat membanggakan masyarakat Bogor, dengan keaslian dan kealamiannya yang sangat mempesona dengan air terjun yang tinggi kurang lebih 20 meter, batu-batu besar, air jernih dan hamparan pepohonan yang masih lebat dan rimbun.
Namun sayang kurang perhatian dari pemerintah daerah sehingga air terjun dikelola oleh masyarakat sekitar tanpa memperhatikan kebersihan dan lain sebagainya karena memang daerah curug rahong bukan sebagai kawasan wisata.

Air terjun yang bagus dengan aliran air yang deras serta jernih

Penulis eksis saat menemani peserta didik baru SMPN 2 Cigudeg MOPD tanggal 29 Juli 2015

Aliran kecil pecahan air terjun utama.

Curug Rahong merupakan salah satu dari ratusan air terjun yang ada di Kab. Bogor, terdapat di desa Kadaung. Dapat dicapai dari arah Jakarta, Bogor atau Rangkasbitung.
Arah dari Jakarta bisa dengan Comuter line tujuan Parungpanjang dari Stasiun Tanahabang, keretanya banyak, bersih dan keren, harga tiket sekali jalan adalah Rp. 5.000 dengan jaminan kartu 10.000 yang bisa diambil kembali di stasiun tujuan. dari Parungpanjang naik angkot carry ke arah Bunar turun di Pasar lebakwangi, biayanya antara Rp. 7.000, dilanjutkan ojek sampai pintu air kadaung sekitar 3 km dengan ongkos Rp. 10 - 20 ribu tergantung kemurahan hati tukang ojeknya, atau jalan kaki melewati pabrik pemecah batu yang bagus buat objek foto untuk yang senang foto-foto. Kalau rombongan 10 orang lebih baik sewa carry dari stasiun Parungpanjang aja lebih irit, bisa nego sampai pintu desa kadaung, sekitar 100 ribuan.
Kalau bawa mobil atau kendaraan sendiri bisa meluncur ke arah tangerang atau kalideres lanjut ke BSD cari arah ke Cisauk lanjut Legok atau Parungpanjang, rambunya banyak dan jelas kok, jadi mudah mencari arahnya. selanjutnya dari Parungpanjang ambil ke arah Leuwiliang atau Bunar, atau tanya arah Curug Rahong masyarakat Parungpanjang pasti tahu arahnya kemana.

Kalau dari arah Bogor lebih mudah, dari stasiun kereta Bogor langsung naik mobil jurusan Jasinga, turun di Bunar, naik angkot ke Parungpanjang, selanjutnya sama dengan di atas turun di pasar lebakwangi, ongkosnya agak mahal, coz jaraknya jauh cuy. Kalau bawa kendaraan sendiri dari Bogor mernuju ke Jasinga sampai ketemu Polsek Cigudeg, belok kanan, itu daerah Bunar tempat pangkalan Carry ke Parungpanjang, selanjutnya sama dengan di atas.

Kalau dari Rangkasbitung ambil arah ke Bogor lewat Cipanas, sampai ketemu Polsek Cigudeg, sisanya sama dengan di atas...,
gampang dan simpel. namun berkesan kalu sudah sampai ke sana.
Untuk makan gak usah khawatir, warung banyak sekali tinggal sesuai selera dan kantong cuy..

Selamat travelling yaaaa, jangan khawatir, banyak pemandangan menakjubkan selama perjalanan, ada kebun sawit yang keren, pabrik dan gunung batu yang eksotis, dan masih banyak lagi yang lain.