Kompetensi Inti dan Kompetensi
Dasar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
KELAS
VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan
aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
a.
Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
b. Selalu
berusaha secara maksimal dan
tawakal
dengan hasil akhir.
c. Membiasakan berperilaku baik dalam
berolahraga
dan latihan.
|
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab dalam
penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
serta
menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik
individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan kemauan
kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi dan mau berbagi
dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai
aktivitas
fisik.
2.7 Menerima kekalahan dan
kemenangan dalam permainan.
2.8
Memiliki
perilaku hidup sehat.
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami
konsep keterampilan gerak fundamental permainan bola besar.
3.2 Memahami konsep keterampilan gerak
fundamental
permainan bola kecil.
3.3 Memahami konsep keterampilan gerak
fundamental
salah satu nomor atletik
(jalan cepat, lari, lompat, dan lempar).
3.4 Memahami konsep keterampilan gerak
fundamental
olahraga beladiri.
3.5 Memahami konsep latihan peningkatan
derajat kebugaran jasmaniyang terkait dengan kesehatan, dan pengukuran hasilnya.
3.6 Memahami
konsep gabungan pola gerak dominan dalam bentuk rangkaian keterampilan dasar senam lantai.
3.7 Memahami konsep keterampilan gerak
fundamental (langkah dan ayunan lengan) dalam bentuk rangkaian keterampilan
dasar aktivitas gerak ritmik.
3.8 Memahami
konsep keterampilan dasar dua gaya
renang yang berbeda.
3.9 Memahami
tindakan P3K pada kejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain.
3.10 Memahami konsep gaya hidup sehat untuk
mencegah berbagai penyakit.
|
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di
|
4.1 Mempraktikkan
teknik dasar permainan bola besar dengan menekankan gerak dasar fundamental.
4.2 Mempraktikkan
teknik dasar permainan bola kecil dengan menekankan gerak
dasar
fundamental.
4.3 Mempraktikkan
teknik dasar atletik
(jalan cepat, lari, lompat dan lempar) menekankan gerak
dasar fundamentalnya
4.4 Mempraktikkan teknik dasar olahraga beladiri dengan menekankan gerak dasar fundamentalnya.
4.5 Mencoba mengukur komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan dan keterampilan berdasarkan norma instrumen yang digunakan.
4.6 Mempraktikkan gabungan pola gerak
dominan menuju teknik dasar senam lantai.
4.7 Mempraktikkan aktivitas pola gerak melangkah dan irama gerak dalam aktivitas gerak.
4.8 Mempraktikkan satu atau dua teknik dasar gaya renang dengan koordinasi yang baik dengan jarak tertentu.
4.9 Mencoba mempraktikkan tindakan P3K pada kejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain.
4.10 Mencoba menerapkan konsep gaya hidup sehat untuk mencegah berbagai
penyakit.
|
KELAS VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati
dan mengamalkan nilai-nilai agama
yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga,
dicerminkan dengan:
a. Pembiasaan
perilaku berdoa sebelum
dan
sesudah pelajaran.
b. Selalu
berusaha secara maksimal dan
tawakal
dengan hasil akhir.
c.
Membiasakan berperilaku baik dalam berolahraga dan latihan.
|
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Berperilaku
sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga
keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik
individual dalam melakukan berbagai
aktivitas
fisik.
2.4 Menunjukkan kemauan kerjasama dalam
melakukan
berbagai aktivitas fisik .
2.5 Toleransi
dan mau berbagi dengan teman dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai
aktivitas fisik.
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam
permainan.
2.8 Memiliki perilaku hidup sehat.
|
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak
mata
|
3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi
keterampilan permainan bola besar.
3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi
keterampilan
permainan bola kecil.
3.3 Memahami konsep variasi dan kombinasi
keterampilan
salah satu nomor atletik
(jalan cepat, lari, lompat, dan lempar).
3.4 Memahami konsep variasi dan kombinasi
keterampilan
olahraga beladiri.
3.5 Memahami konsep latihan peningkatan
derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dan keterampilan, serta
pengukuran hasilnya.
3.6 Memahami konsep variasi dan kombinasi
keterampilan dasar senam lantai dalam bentuk rangkaian sederhana.
3.7 Memahami
konsep variasi keterampilan dasar aktivitas gerak ritmik dalam bentuk
rangkaian sederhana.
3.8 Memahami konsep keterampilan dua gaya renang berbeda.
3.9 Memahami
prinsip-prinsip pencegahan terhadap bahaya seks bebas, NAPZA, dan obat
berbahaya lainnya, bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
3.10 Memahami
konsep pola makan sehat,
bergizi
dan seimbang.
3.11 Memahami manfaat jangka panjang dari partisipasi dalam
aktivitas fisik secara
teratur.
3.12 Memahami
metode untuk memonitor
denyut
jantung.
|
4. Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan berbagai permainan bola besar dengan
koordinasi yang baik.
4.2 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan berbagai permainan bola kecil dengan
koordinasi yang baik.
4.3 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan
lempar) dengan koordinasi yang baik
4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi
keterampilan
olahraga beladiri.
4.5 Mempraktikkan
latihan peningkatan derajat kebugaran jasmaniyang terkait
dengan kesehatan dan keterampilan, serta pengukuran
hasilnya.
4.6 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilandasar senam lantai dalam bentuk rangkaian
sederhana.
4.7 Mempraktikkan variasi
keterampilan
dasar aktivitas gerak ritmik dalam bentuk
rangkaian
sederhana.
4.8 Mempraktikkan keterampilan dua gaya renang dengan koordinasi yang lebih baik.
4.9 Melakukan tindakan pencegahan terhadap bahaya seks bebas, NAPZA, dan obat berbahaya lainnya, bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
4.10 Menyajikan hasil informasi berkaitan
dengan pola makan sehat, bergizi dan seimbang.
4.11 Menyajikan hasil informasi berkaitan dengan manfaat jangka panjang dari partisipasi dalam aktivitas fisik secara teratur
4.12 Menghitung denyut jantung.
|
|
KELAS IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghayati
dan mengamalkan nilai-nilai agama
yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga,
dicerminkan dengan:
a. Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan
sesudah pelajaran.
b. Selalu
berusaha secara maksimal dan
tawakal
dengan hasil akhir.
c. Membiasakan
berperilaku baik dalam
berolahraga
dan latihan.
|
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung
jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga
keselamatan diri sendiri, orang
lain, dan lingkungan sekitar.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik
individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai
aktivitas fisik.
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman
dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.
2.8 Memiliki perilaku hidup sehat.
|
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
|
3.1 Memahami
konsep variasi dan kombinasi keterampilan, serta peraturan yang dimodifikasi
dalam permainan bola besar.
3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi
keterampilan, serta peraturan yang dimodifikasi dalam permainan bola kecil.
3.3 Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan, serta peraturan yang dimodifikasi,dalam perlombaan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar).
3.4 Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan, serta peraturan yang dimodifikasi dalam olahraga beladiri.
3.5 Memahami konsep penyusunan program pengembangan komponen kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan secara sederhana.
3.6 Memahami konsep variasi dan kombinasi
rangkaian gerak dasar senam yang lebih kompleks.
3.7 Memahami konsep variasi dan kombinasi
rangkaian aktivitas gerak ritmik yang lebih kompleks.
3.8 Memahami konsep gerak dasar tiga gaya renang yang berbeda.
3.9 Memahami peran aktivitas fisik, dan
makanan bergizi dalam mengontrol berat badan, pencegahan penyakit, konsep diri, kinerja, danpengurangan biaya perawatan kesehatan.
|
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan ke dalam permainan bola besar secara
lancar, terkontrol, dan koordinatif.
4.2 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi
keterampilan ke dalam permainan bola kecil secara
lancar, terkontrol, dan koordinatif.
4.3 Mempraktikkan variasi
dan kombinasi keterampilan ke dalam perlombaan salah satu nomor
atletik (jalan cepat, lari, lompat, dan lempar) secara lancar, terkontrol,
dan koordinatif.
4.4 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan ke dalam peragaan olahraga beladiri secara
lancar, terkontrol, dan koordinatif.
4.5 Mempraktikkan
penyusunnan dan latihan
pengembangan
komponen kebugaran jasmani terkait
dengan kesehatan berdasarkan program yang disusun secara sederhana.
4.6 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi
rangkaian gerak dasar senam yang lebih kompleks secara
lancar, terkontrol, dan koordinatif.
4.7 Mempraktikkan
variasi rangkaian aktivitas gerak ritmik yang lebih kompleks secara lancar,
terkontrol, dan koordinatif.
4.8 Mempraktikkan gerak dasar tiga gaya renang yang berbeda.
4.9 Menyajikan informasi berkaitan peran
aktivitas fisik, dan makanan bergizi dalam mengontrol berat badan, pencegahan penyakit, konsep diri, kinerja, dan pengurangan biaya perawatan kesehatan.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar